BERITA UTAMAMIMIKA

Dorong Putra Asli Mimika Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan, Tokoh Amungme Beri Apresiasi Keberpihakan Plt Bupati Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Dorong Putra Asli Mimika Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan, Tokoh Amungme Beri Apresiasi Keberpihakan Plt Bupati Mimika

Share this article
Abraham Timang
Abraham Timang

Timika, fajarpapua.com – Tokoh Adat Suku Amungme Abraham Timang mengapresiasi langkah Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, Plt Kepala Dinas Pendidikan serta BKPSDM Mimika yang telah melakukan terobosan baru untuk memberdayakan anak Amungme dan Kamoro dalam mengikuti seleksi perguruan tinggi kedinasan.

“Program ini sebenarnya sudah kami inginkan lama sejak saya masih di LPMAK, tapi belum bisa terlaksana,” ujar Abraham, Kamis (24/11) kepada wartawan di Timika.

Ads

Dikatakan, saat ini pemerintah daerah sudah membuka diri bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan yang ada, baik dari lembaga adat maupun tokoh-tokoh yang mempunyai peranan penting dalam peningkatan SDM.

“Ini peluang yang sangat baik, berbicara tentang sekolah kedinasan itu memang ranahnya pemerintah, peluang ini betul-betul ditangkap, nanti ketika anak selesai harap bisa kembali ke daerah,” katanya.

“Apalagi dengan daerah pemekaran provinsi yang baru disahkan ini, sehingga sangat membutuhkan SDM OAP yang cukup banyak sesuai dengan background di sekolah kedinasan nanti,” lanjutnya.

Dikemukakan, dengan adanya program tersebut diharapkan agar anak-anak OAP dapat menduduki posisi yang strategis.

“Saya pikir ini sangat penting. Saya juga sangat apresiasi sekali terhadap Plt Bupati untuk memberikan peluang yang besar kepada anak-anak kita, terutama Amungme dan Kamoro,” paparnya.

Kemudian dia juga berharap agar ada pendekatan dan kerjasama dengan YPMAK melalui divisi pendidikan agar anak-anak mendapat peluang yang lebih bagus.

“Segera lakukan pendekatan dan kerjasama dengan YPMAK melalui divisi pendidikan, banyak anak Amungme Kamoro ini selesai gelar sarjana, hanya saja peluang untuk mendapatkan pekerjaan saat ini sangat tipis,” pungkasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *