BERITA UTAMAMIMIKA

Baru Pertama di Kota Timika, Mobil Sapu Jalan dan Truk Compactor, Resmi Dilaunching Plt Bupati Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
12
×

Baru Pertama di Kota Timika, Mobil Sapu Jalan dan Truk Compactor, Resmi Dilaunching Plt Bupati Mimika

Share this article
IMG 20221208 WA0062
Plt Bupati Mimika Johannes Rettob menggunting pita peresmian truk penyapu jalan dan truk compactor

Timika, fajarpapua.com – Plt Bupati Mimika Johannes Rettob melaunching pengoperasian mobil penyapu jalan (Road Sweeper) dan Truk Compactor (pemadat sampah) serta serah terima Alat Pelindung Diri (APD) persampahan bagi petugas kebersihan di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Kamis (8/12).

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Dalam sambutannya Bupati JR mengapresiasi kinerja DLH yang terus memperbaiki semua aspek menyangkut kebersihan lingkungan, demi kesehatan masyarakat Kabupaten Mimika.

“Terima kasih kepada DLH yang terus berusaha mewujudkan kebersihan lingkungan yang mengarah pada masyarakat menjadi sehat,” tuturnya.

Ia berharap, yang tadinya masih ada tiga distrik saja yang melaksanakan pembersihan sampah, dengan adanya alat-alat yang ada saat ini bisa menambah jangkauan penanganan kebersihan sampah.

Ia mengungkapkan dari sampah yang dihasilkan oleh tiga Distrik sebanyak 95 ton sampah perhari diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mengangkat perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.

“95 ton perhari itu ngeri lho dan itu dihasilkan dari tiga Distrik belum Distrik yang lain. DLH coba berinovasi berfikir bagaimana merubah mainset masyarakat ini supaya bukan buang sampah tetapi mencari sampah seperti di daerah lain di Banyuwangi itu sampah bisa meningkatkan perekonomian,” ungkapnya.

Ia juga minta kepada para Lurah dan RT agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Pasalnya banyak sekali sampah berserakan di kelurahan yang dibiarkan dan tidak dibersihkan.

“Didepan kantor lurah rumput tinggi-tinggi banyak sampah macam masa bodoh kah. Coba kalian punya perhatian dan rasa memiliki kah, ini kalau kita kerja tanpa ada rasa memiliki itu persoalan bagi kita,” ujarnya.

Setelah peresmian dilanjutkan test truk compactor yang disaksikan Plt Bupati JR. Kedua teknologi tersebut dianggap baru pertamakali sejak Kota Timika terbentuk.

Untuk diketahui DLH saat ini mengani sampah di tiga Distrik diwilayah kota dengan 95,51 ton perhari serta personil sebanyak 64 orang yang ada di kantor DLH dan TPA Iwaka.

Sedangkan jumlah armada yang digunakan sebanyak 13 dump truk, 6 unit motor roda tiga dan 19 unit kontainer. Untuk jumlah TPS aktif diwilayah kota sebayak 29 TPS yang bisa diakses dengan google maps agar masyarakat mengetahui dimana TPS terdekat.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *