BERITA UTAMAMIMIKA

Didukung Program PLN Peduli, SMKN 2 Mimika Raih Predikat Sekolah Pusat Keunggulan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Didukung Program PLN Peduli, SMKN 2 Mimika Raih Predikat Sekolah Pusat Keunggulan

Share this article
e6e2039b b315 4f68 bcf9 c3d1d4d472fa
Nampak para siswa SMK Negeri 2 Mimika saat melakukan praktek penanaman sayuran di Green House yang dibangun PT. PLN (Persero). Foto: Istimewa

Timika, fajarpapua.com – SMK Negeri 2 Mimika berhasil meraih kategori sebagai Sekolah Pusat Keunggulan berkat pembangunan green house yang didukung PT PLN (Persero) melalui program PLN Peduli.

Pembangunan green house SMKN 2 Mimika ini merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku Papua sebagai salah satu media pembelajaran dalam meningkatkan kapasitas siswa jurusan agribisnis tanaman pangan dan holtikultura.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kepala SMK Negeri 2 Mimika, Slamet Dwiyono mengatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu pendukung bagi sekolahnya untuk meraih kategori Sekolah Pusat Keunggulan pada Tahun 2022.

Green House yang telah didirikan tersebut dinilai mampu membantu menciptakan individu siswa yang kompeten dan siap kerja.

Sehingga, SMKN 2 Mimika berkesempatan untuk mengikuti penilaian sebagai Sekolah Pusat Keunggulan dengan skema lanjutan.

Pemilihan Sekolah Pusat Keunggulan ini memiliki penilaian, salah satunya kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja.

“Di provinsi Papua sendiri ada 7 sekolah yang lanjut sebagai sekolah Pusat Keunggulan. Penilaiannya juga diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak,” kata Slamet.

Slamet mengatakan, keberadaan Green House juga memudahkan guru maupun siswa dalam membudidayakan tanaman.

“Sebelum adanya pembangunan green house, siswa dan kami para guru tentunya kebingungan dalam membudidaya tanaman. Budi daya tanaman yang dilakukan oleh guru dan siswa sebelumnya masih dilakukan secara tradisional. Green house ini kan sudah modern, jadi tentunya sangat membantu kami,” kata Slamet.

Sementara General Manager UIP Maluku Papua, Sukahar dalam siaran persnya mengatakan, bantuan PLN Peduli pembangunan green house ini merupakan komitmen PLN dalam mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kami bersyukur, bantuan yang kami berikan membawa dampak positif sehingga SMKN 2 Mimika meraih penghargaan tersebut. Bantuan media pembelajaran melalui pembangunan green house ini memang komitmen PLN dalam meningkatkan kualitas pendidikan, sesuai dengan upaya pemerintah,” kata Sukahar.

Upaya ini merupakan wujud komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi dan lingkungan bersih yang berkelanjutan. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *