BERITA UTAMAPAPUA

Aksi KKB di Pegubin Kian Sadis, Danrem Serukan BNPT dan Interpol Tangkap Jubir TPNPB di PNG

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Aksi KKB di Pegubin Kian Sadis, Danrem Serukan BNPT dan Interpol Tangkap Jubir TPNPB di PNG

Share this article
IMG 20230113 WA0054
Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring

Jayapura, fajarpapua.com– Komandan Korem 172/Praja Wira Yakti Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring meminta Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dan Interpol menangkap Juru Bicara TPNPB, Sebby Sambom.

Permintaan penangkapan itu disampaikan Danrem terkait sejumlah aksi yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap XXXV Bintang Timur pimpinan Ananias Atimin di Oksibil Pegunungan Bintang.

Ads

“Aksi-aksi teror yang dilakukan kelompok Ananias Atimin di Oksibil ada kaitannya dengan Sebby Sambom dan harus jadi tanggung jawabnya. Untuk itu BNPT, Iterpol tangkap Sebby Sambom yang ada di PNG,” tegas Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring kepada wartawan di Base Ops Lanud Silas Papare, Jumat (13/1/2023).

Darem menyebutkan, Sebby Sambom secara terus menerus menyerukan dan memberikan semangat pada pimpinan KKB Ananias Atimin setelah mereka melakukan pertemuan pada bulan Desember 2022 lalu di perbatasan PNG.

“Pasca pertemuan mereka itu, kelompok ini terus-terus lakukan aksi teror di Oksibil dibawa pimpinan Ananias Atimin. Selain itu, kelompok ini juga melakukan pembunuhan secara sadis dan menviralkannya,” katanya.

Menurut dia, aksi teror yang dilakukan KKB harus dipertanggung jawabkan. Untuk itu para pelaku harus ditangkap.

JO Sembiring mengharapkan kepada toko-toko adat, agama, toko masyarakat agar mengajak mereka untuk menghentikan aksi kekerasan yang dilakukan pada masyarakat. “Saya minta kepada mereka mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan menyerahkan diri kepada polisi,” ujar Danrem.

Apabila mereka tidak menyerahkan diri, lanjut dia, TNI akan mencari hingga dapat. “Kita akan cari dan tangkap kelompok-kelompok ini karena kita ingin memberikan rasa aman pada masyarakat,” sebutnya.

Untuk mengatasi aksi teror dari KKB di Oksibil, kata Danrem, pihaknya sejak kemarin telah mengirim tambahan perkuatan pasukan ke daerah Pegunungan Bintang guna memberikan rasa aman pada masyarakat.

“Yang pasti kami bersama Polri telah mengambil langkah taktis dan teknis untuk menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat dalam mendukung Pemda Pegunungan Bintang membangun daerahnya. Negara harus adil sampai tempat pelosok-pelosok kecil,” ungkapnya.

Danrem meminta peran masyarakat Pegunungan Bintang dalam melaporkan kepada aparat TNI dan Polri jika ada hal-hal kejahatan yang terlihat dilakukan kelompok-kelompok KKB sehingga bisa segera diatasi.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *