BERITA UTAMAPAPUA

Pemkab Jayapura Batasi Pedagang Bangun Kios di Pasar Pharaa Sentani

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Pemkab Jayapura Batasi Pedagang Bangun Kios di Pasar Pharaa Sentani

Share this article
5116635b 66cc 49f5 abd6 8861d913a7f7 1
BPBD Kabupaten Jayapura saat membangun kios darurat bagi para pedagang Pasar Pharaa Sentani

Sentani, fajarpapua.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura, Papua, membatasi pedagang yang akan menempati Pasar Pharaa Sentani untuk membangun kios sendiri setelah dilakukan pembersihan sisa-sisa kebakaran di pasar tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura Theopilus Tegai di Sentani, Jumat, mengatakan pihaknya akan mengatur sesuai dengan luas lahan Pasar Pharaa agar tertata dengan rapi seperti penyediaan drainase, lorong dan juga aliran listrik.

Ads

“Jika sebelumnya pedagang secara swadaya untuk membangun kios tapi sekarang sudah tidak diperbolehkan dan kami yang akan mengatur semua,” katanya.

Menurut Tegai, saat ini pihaknya masih menunggu proses pengerjaan satu unit los pasar yang dikerjakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura dan kios sementara untuk akan ditempati oleh para pedagang dengan luas 3×3 meter persegi.

Dia menjelaskan dari hasil pendataan pihaknya mencatat sebanyak 819 pedagang Pasar Pharaa Sentani yang terdampak kebakaran pada Jumat (6/1).

“Sehingga kami bersama BPBD Kabupaten Jayapura segera akan menyelesaikan kios atau los pasar bagi pedagang sementara sambil menunggu pembangunan kios permanen,” ujarnya.

Kepala BPBD Kabupaten Jayapura Jan Wilem Rumere mengatakan pihaknya memastikan pengerjaan los pasar dan kios yang bersifat sementara akan selesai secepatnya agar aktivitas ekonomi kembali berjalan normal di Pasar Pharaa.

“Karena kami juga berharap pedagang di Pasar Pharaa bisa secepatnya kembali berjualan tidak menunggu terlalu lama,” katanya.

Dia menambahkan untuk pembangunan kios sementara pihaknya membangun sekitar 400 kios untuk ditempati kembali para pedagang terdampak kebakaran.

“Jadi setelah semua dibangun nanti dinas terkait yang akan mengatur pedagang untuk menempati kios-kios tersebut,” ujarnya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *