BERITA UTAMAMIMIKA

Diskop dan UMKM Mimika Kunjungi Sejumlah Anak Binaan, Ajak Suku Amungme Kamoro Kembangkan Usaha Kreatif

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Diskop dan UMKM Mimika Kunjungi Sejumlah Anak Binaan, Ajak Suku Amungme Kamoro Kembangkan Usaha Kreatif

Share this article
e160049d daff 42df a685 cd55fbfb732a
Kabid Koperasi dan UMKM Samuel Yogi SH,MH bersama staf foto bersama Petrus Ogolmagai selaku pemilik Koperasi Amungme More dan UMKM Amungme More.

Timika, fajarpapua.com – Program unggulan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob memajukan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus ditindaklanjuti Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika melalui aksi nyata di lapangan.

Pada Selasa (17/1/2023), Dinas Koperasi (Diskop) dan UMKM Mimika melalui Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UMKM Samuel Yogi SH,MH bersama sejumlah staf pada dinas tersebut mendatangi Koperasi dan UMKM yang merupakan anak binaan yang beroperasi di SP 5, SP 2 dan Nawaripi.

Ads

Pada kunjungan ke SP 5, Samuel Yogi bertemu Petrus Ogolmagai selaku pengelola Koperasi Amungme More dan UMKM Amungme More. Adapun usaha kerajinan tangan yang kini dikembangkan Petrus yang merupakan kepala suku besar Amungme itu yakni kalung manik-manik, anak panah, topi, noken dan sejumlah usaha kreatif lainnya.

Meskipun mengalami berbagai keterbatasan seperti tidak adanya rumah produksi yang layak, namun Petrus nampak telaten mengembangkan usaha tersebut.

“Kami rumah apa adanya, kami belum punya rumah produksi yang memadai,” ungkap Petrus.

Menjawab hal itu, Samuel Yogi mengemukakan Plt Bupati Mimika merupakan anak Kamoro yang menaruh perhatian besar pada pengembangan koperasi dan UMKM di Mimika.

“Kami atas nama Pemda Mimika melalui Dinas Koperasi dan UMKM mengakui sudah sekian lama di rumah honai Amungme dan Kamoro namun belum membangun rumah produksi khusus yang menampung kerajinan tangan bapa ibu sekalian. Pada kesempatan ini saya sudah dengar aspirasi langsung dari tokoh Amungme yang meminta untuk dibangunkan rumah produksi, rumah untuk kreatifitas suku Amungme. Aspirasi ini sebenarnya sudah didengar Bapa Plt Bupati saat di Eme Neme, beliau pasti akan menaruh perhatian untuk hal ini,” ungkap Samuel Yogi.

Terkait hal itu, dia mengajak warga suku Amungme lainnya dari Jigimugi hingga Delamatagal dan Kamoro dari Jita hingga Potowayburu agar mengembangkan usaha kreatif.

“Selain mata pencaharian utama, penting mengembangkan koperasi dan usaha kecil menengah apalagi sekarang Pemda lagi gencar menghidupkan Koperasi dan UMKM. Saya mengajak suku Amor, lima suku kekerabatan, anak Perintis, Labeti (lahir besar Timika) dan suku-suku nusantara lainnya agar kita kembangkan Koperasi dan UMKM,” tukasnya.

Dikemukakan, Pemda Mimika serius membantu pengembangan UMKM sehingga semua UMKM yang ada di Kabupaten Mimika diharapkan bergabung dalam wadah Asosiasi UMKM sehingga bisa terakomodir.

Setelah berdialog dengan Petrus, Kabid Koperasi dan UMKM bersama staf melanjutkan kunjungan ke anak binaan Aksesori di SP dan ukiran Kamoro di UMKM Nawaripi.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *