BERITA UTAMAMIMIKA

Dishub Mimika Lanjutkan Proyek Pembangunan Tiga Lapangan Terbang

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
18
×

Dishub Mimika Lanjutkan Proyek Pembangunan Tiga Lapangan Terbang

Share this article
IMG 20230131 WA0040
Kepala Dishub Mimika, Nella Manggara

Timika, fajarpapua.com – Pada tahun 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika bakal melanjutkan pembangunan tiga lapangan terbang (lapter), yakni lapter Noema, Jila, dan Hoya.

Hal itu disampaikan Kepala Dishub Mimika, Nella Manggara, saat diwawancarai awak media di terminal Pasar Sentral Timika, Selasa (31/1).

Ads

“Tahun ini kita lanjutan pekerjaan untuk lapter yang selama ini sudah dibangun, Noema, Jila, dan Hoya,” ujarnya.

Dijelaskan pembangunan ketiga lapter tersebut akan terus digeber hingga selesai.

“Nanti dibangun sampai sudah selesai, pesawat sudah mendarat untuk dipakai baru kita pindah lagi ke rencana lapter lain,” katanya.

“Karena kalau kita bangun tahun ini lalu tahun depan kita setop, maka dia akan kembali ke semula; rumput tumbuh lagi, materialnya, ya kita tidak bilang masyarakat (ambil) tapi ya kalau dia butuhkan, material tinggal-tinggal begitu, dia akan ambil,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Nella, pembangunan ketiga lapter itu mesti dilakukan dengan serius hingga benar-benar selesai.

“Untuk ke pegunungan itu kan tidak ada transportasi lain. Jalan kaki tidak bisa, pakai mobil tidak bisa. Satu-satunya lewat udara, jadi harus kita selesaikan,” tuturnya.

Nella menyebutkan, pembangunan ketiga lapter tersebut bakal menelan anggaran senilai Rp9 miliar untuk masing-masing lapter.

Selain pembangunan lapter, Nella menyampaikan Dishub Mimika juga akan melakukan pengerukan jalur sungai di kawasan pesisir.

“Untuk di pesisir itu ada pengerukan-pengerukan alur sungai. Ada di alur sungai Kokonao-Amar dan juga Timika-Amar. Itu dikeruk semua,” tukasnya.

“Semua bisa dikerjakan, tergantung anggaran. Pengerukan sungai pesisir itu sudah urgen,” pungkasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *