BERITA UTAMAMIMIKA

Tahun Ini, Kadin Mimika Berangkatkan UMKM Studi Banding Pengolahan Sampah di Banyumas

cropped cnthijau.png
4
×

Tahun Ini, Kadin Mimika Berangkatkan UMKM Studi Banding Pengolahan Sampah di Banyumas

Share this article
IMG 20230206 WA0003
Ketua Kadin Mimika Bram Raweyai

Timika, fajarpapua.com – Tahun 2023 ini, Kamar Dagang Industri (Kadin) akan memberangkatkan UMKM dibawah naungan Kadin untuk melakukan studi banding pengolahan sampah yang memiliki nilai ekonomi di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Kadin Mimika Bram Raweyai saat ditemui di Graha Eme Neme Yauware, Minggu (5/2) malam mengatakan, hal tersebut sebagai komitmen Kadin selaku mitra Pemerintah untuk mendukung program pemerintah dalam rangka memajukan UMKM di Mimika

Ads

“Ini program kami yang kami fokuskan tahun ini bekerjasama dengan pemerintah dalam mendukung visi Pak Plt Bupati memberdayakan UMKM dalam hal pengolahan sampah,”kata Bram.

Mengapa memilih Kabupaten Banyumas? Bram mengungkapkan, hal tersebut karena daerah itu sukses mengolah sampah yang bisa memiliki nilai ekonomis.

“Saat rapat Nasional Kadin disitu Banyumas daerah yang paling sukses kelola sampah, sampah bisa jadi uang. Rencana bulan depan kami berangkat dan pak Plt sangat mendukung kegiatan ini,” ungkapnya.

Menurut dia, pengolahan sampah nantinya akan dilakukan pada dua macam yaitu sampah organik dan anorganik. Selanjutnya Kadin akan bekerjasama dengan RT RT dan paguyuban dalam pengolahan sampah.

“Sampah organik atau sampah basah itu bisa jadi pakan ternak. Sedangkan anorganik atau sampah kering bisa jadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi. Kami libatkan masyarakat nanti akan diberikan bantuan tetapi kompensasinya harus diganti dengan sampah,” tuturnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *