BERITA UTAMAPAPUA

Akan Ada Notifikasi Penurunan Kualitas Internet Dampak Telkom Lakukan Pemeliharaan Rutin Jaringan Kabel Optik

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Akan Ada Notifikasi Penurunan Kualitas Internet Dampak Telkom Lakukan Pemeliharaan Rutin Jaringan Kabel Optik

Share this article
IMG 20230224 WA0008
Executive Vice President Telkom Regional 7, Agus Yudha Basuki

Jayapura, fajarpapua.com– Untuk meningkatkan layanan IndiHome agar bisa dinikmati masyarakat lebih baik lagi, Telkom Regional 7 berupaya melakukan optimalisasi pemeliharaan rutin sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Ruas Sorong-Merauke.

Pemeliharaan ini harus dilakukan terkait adanya kondisi shunt fault atau terjadi luka di titik yang berjarak berjarak 107 km dari Merauke dan berada di kedalaman 33 meter, pada kabel SKKL SMPCS ruas Sorong – Merauke yang berpotensi mengakibatkan jaringan dapat terputus jika tidak segera dilakukan optimalisasi.

ads

Selama proses optimalisasi jaringan SKKL tersebut, akan berdampak sementara terhadap penurunan kualitas layanan pelanggan di lokasi Merauke, Timika, dan Kaimana.

Executive Vice President Telkom Regional 7, Agus Yudha Basuki menjelaskan pelanggan yang terdampak akan menerima notifikasi terkait penurunan kualitas internet.

“Namun, saat ini layanan Telkom untuk masyarakat Papua dan sekitarnya masih berjalan normal. Waktu perkiraan perbaikan selama satu minggu mulai tanggal 24 Februari – 2 Maret 2023, mundur dari rencana awal tanggal 20 Februari 2023 sehubungan dengan adanya kendala cuaca,” kata Agus Yudha.

Dikatakan, salah satu faktor penentu kecepatan pemeliharaan adalah cuaca. “Melihat faktor cuaca saat ini, maka prosesnya akan kami mulai tanggal 24 Februari,” ungkap Agus Yudha.

Agus Yudha menambahkan, Telkom telah menyiapkan link backup melalui Radio dan Fiber Optik Palapa Ring Timur serta Satelit agar pelanggan dapat menggunakan layanan Telkom dengan bandwidth yang terbatas selama kegiatan optimalisasi berlangsung.

“Atas nama manajemen, kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi dan mohon doanya agar cuaca mendukung,” kata Agus Yudha.

Lebih lanjut, Agus Yudha menjelaskan Telkom Group terus melakukan upaya maksimal agar optimalisasi pemeliharaan rutin jaringan SKKL bisa selesai lebih cepat dan kondisi cuaca mendukung dalam pelaksanaannya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *