BERITA UTAMAMIMIKA

Pesawat Boeing Milik TNI AU Berhasil Dievakuasi, Penerbangan di Bandara Mozes Kilangin Kembali Normal

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Pesawat Boeing Milik TNI AU Berhasil Dievakuasi, Penerbangan di Bandara Mozes Kilangin Kembali Normal

Share this article
IMG 20230418 WA0015
Pesawat Boeing 737 AI-7304 milik TNI AU yang tergelincir di ujung runway 12 Bandara Moses Kilangin Timika

Timika – fajarpapua.com – Pesawat Boeing 737 AI-7304 milik TNI AU yang tergelincir di ujung runway 12 Bandara Moses Kilangin Timika pada Senin (17/4) Sore WIT, telah berhasil dievakuasi.

Berdasarkan rilis yang diterima fajarpapua.com, Selasa (18/4) proses evakuasi melibatkan Petugas Gabungan UPBU Mozes Kilangin, PT. Avco, Damkar, Personel Lanud Yohanis Kapiyau dan Pasgat TNI AU.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Sebelumnya dari pantauan media pada Senin (17/4) malam dari luar pagar Bandara Mozes Kilangin terlihat para petugas berusaha keras mengevakuasi badan pesawat dari ujung runway.

Setelah memakan waktu cukup lama, akhirnya pesawat milik Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanudin Makasar itu berhasil dipindahkan di hanggar Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika untuk dilaksanakan pengecekan.

Selain itu, Markas Besar TNI AU telah membentuk tim untuk melakukan investigasi insiden tersebut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyebutkan pesawat dengan tail number AI-7304, sebelumnys dalam penerbangan dari Jakarta menuju Lanud Pattimura Ambon.

Kemudian melanjutkan penerbangan ke Lanud Yohanes Kapiyau Timika untuk misi dukungan penerbangan rutin yang berujung pada insiden tersebut.

“Sebelum pesawat keluar landasan, dilaporkan pesawat berhasil melakukan pendaratan dengan normal walaupun kondisi runway basah karena hujan,” ujarnya.

Dengan dipindahkannya badan pesawat dari runway kini penerbangan di Bandara Moses Kilangin Timika sudah berjalan normal kembali. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *