BERITA UTAMAMIMIKA

Ratusan Putra Mimika Ikut Ambil Bagian, PFA Cari Bakat Tahun ke Dua Resmi Dibuka

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Ratusan Putra Mimika Ikut Ambil Bagian, PFA Cari Bakat Tahun ke Dua Resmi Dibuka

Share this article
IMG 20230513 WA0061
Para peserta PFA cari bakat hari pertama di Mimika yang dilaksanakan di Mimika Sport Complex, Sabtu (13/5).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Papua Football Academy (PFA), akademi sepak bola khusus bagi putra Papua yang didukung penuh oleh PT Freeport Indonesia tahun ke dua 2023 resmi dibuka. Pada hari pertama di Kabupaten Mimika sendiri tampak ratusan Putra Mimika ikut ambil bagian dalam seleksi tersebut.

Untuk di Mimika sendiri seleksi dilaksanakan di Mimika Sport Complex mulai tanggal 13 hingga 15 Mei 2023 pukul 14.00-17.30 WIT. PFA Cari Bakat 2023 akan dilanjutkan di Jayapua (19-21 Mei), Nabira (19-21 Mei), Merauke (23-25 Mei), Waropen (23-25 Mei), Serui (27-29 Mei), dan Biak Numfor (1-3 Juni).

Direktur Academy PFA Wolfgang Pical mengatakan untuk Mimika di hari pertama ada 120 anak yang mendaftar dan ikut seleksi. Selanjutnya yang terpilih untuk tahap seleksi berikutnya sebanyak 23 anak.

“Hari ini yang lolos 23 anak. Besok kami minta datang lagi yang 23 itu, terus besok yang belum mendaftar dan akan mendaftar silahkan datang,” katanya.

Menurutnya dalam seleksi ini pihaknya mengambil kriteria yang tinggi sehingga benar-benar berkualitas.

“Karena kita punya target yang tinggi maka pilih anak berbakat yang punya talenta yang tinggi,” tuturnya.

Sementara Vice President Community Relations PTFI Engel Enoch mengatakan dalam seleksi yang dibuka di tujuh Kabupaten ini akan diambil sebanyak 30 anak. Sehingga yang terseleksi dari tujuh Kabupaten nantinya disaring kembali menjadi 30 anak.

“Jadi seperti yang terseleksi di Timika akan bersaing lagi dengan Kabupaten lainnya,” tuturnya.

Mewakili Manajemen Freeport, ia mengungkapkan, PFA merupakan komitmen dari PT Freeport yang nantinya yang terseleksi akan disuport 100 persen oleh Freeport. Selain itu juga didukung oleh tim profesional dan sumberdaya yang tepat.

“Ini komitmen kita nanti mereka kita suport mulai dari mereka tinggal, kebutuhan hidup, pelatihan bola dan belajar,” ungkapnya.

Freeport berharap dengan program ini mereka bisa menjadi peserta profesional kedepannya. Karena benar-benar dilaksanakan dengan penuh komitmen dan keseriusan atas perintah langsung dari Presiden.

“Ataupun jika mereka tidak menjadi pemain profesional punya tujuan lain yaitu, mereka menjadi manusia-manusia yang baik. Dalam dua tahun dididik mereka bisa belajar hidup disiplin, belajar menghormati sesama dan banyak hal,” ujarnya.

Dari 7 lokasi PFA Cari Bakat 2023 itu akan dipilih 60 anak guna mengikuti seleksi final di Jayapura pada 18-23 Juni 2023. Selain kembali menjalani tes kemampuan sepak bola di Stadion Mandala, mereka juga diwajibkan menjalani tes psikologi, tes bakat lewat sidik jari, dan tes kesehatan.

Bagi yang berminat mengikuti PFA Cari Bakat 2023 juga dapat mengisi formulir secara online lewat website Papua Football Academy dengan mengklik “Pendaftaran Seleksi Akademi” di pojok kanan atas. Persyaratan lengkap dapat dilihat di Instagram PFA (instagram.com/papuafootballacademy) dan website Papua Football Academy (www.papuafootballacademy.com).

Bila PFA Cari Bakat 2022 hanya digelar di 3 wilayah, yakni Timika, Merauke, dan Jayapura kini lokasi diperluas menjadi 7 kabupaten/kota dalam 3 provinsi, yakni Provinsi Papua, Papua Tegah, dan Papua Selatan, yakni: Timika, Merauke, Jayapura, Nabire, Waropen, Serui, dan Biak Numfor.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *