BERITA UTAMAMIMIKA

Kurangi Resiko Penyakit Jantung dan Kanker, Panitia Pra IYD Keuskupan Timika Gelar Donor Darah di 5 Gereja Katolik Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Kurangi Resiko Penyakit Jantung dan Kanker, Panitia Pra IYD Keuskupan Timika Gelar Donor Darah di 5 Gereja Katolik Mimika

Share this article
IMG 20230514 WA0087
Pelaksanaan kegiatan donor darah yang digelar Panitia Pra IYD Keuskupan Timika.

Timika, fajarpapua.com – Panitia Pra Indonesian Youth Day (IYD) III Keuskupan Timika tahun 2023 dari Seksi Kesehatan menggelar kegiatan donor darah di lima gereja katolik di Mimika.

Kegiatan donor darah pertama di Gereja Paroki Santo Paulus SP3, Kelurahan Karang Senang, Distrik Kuala Kencana, donor darah telah dilakukan pada Minggu 7 Mei 2023.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Gereja kedua di Paroki Santa Sesilia SP2, Kelurahan Timika Jaya, Distrik Mimika Baru, donor darah sudah dilakukan hari ini, Minggu (14/5/2023).

Selanjutnya gereja ketiga di Paroki Katedral Tiga Raja yang rencana dilakukan Minggu 21 Mei 2023, gereja keempat di Paroki Santo Emanuel Mapurujaya yang rencananya digelar pada Minggu 28 Mei 2023 dan terkhir di Paroki Santo Stefanus Sempan yang akan dilakukan pada Minggu, 4 Juni 2023.

Wakil Ketua Seksi Kesehatan Panitia Pra IYD II Keuskupan Timika, dr. Enny Kenangalem menjelaskan target disetiap gereja sebanyak 100 kantong darah. Namun saat donor darah minggu lalu di Gereja Santo Paulus SP3 hanya terkumpul 22 kantong darah.

Sementara di Gereja Santa Sesilia SP2 terkumpul 20 kantong darah.

Menurutnya, sedikitnya partisipasi umat dalam aksi donor darah ini mungkin karena kurangnya informasi akan manfaat dari donor darah.

Ia menjelaskan manfaat donor darah bagi pendonor adalah membuat jantung senantiasa sehat. Bagi pendonor yang teratur, membantu membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Ini karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya.

Manfaat donor darah bagi pendonor juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker.

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah.

Donor darah secara teratur dapat menurunkan kekentalan darah yang merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah.

Pendonor yang teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

Orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri, atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali.

Manfaat lain bagi pendonor adalah dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat ada suatu penyakit tertentu atau tidak.

Manfaat donor darah juga bagi Lansia agar lebih sehat. Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut karena rutin mendonorkan darah.

Selain itu ketika mendonorkan darah, akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan ketika tubuh mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sehingga penyembukan luka jadi lebih cepat.

Dengan membagikan manfaat dari donor darah ini, dr. Enny yang juga sebagai Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mimika ini berharap antuasiasme umat Katolik di tiga gereja yang akan dilaksanakan kegiatan donor darah ini lebih tinggih.

“Kami berharap di Gereja Katedral, Mapurujaya dan Gereja Sempan nanti pendonor lebih banyak karena kebutuhan darah di dua rumah sakit rujukan utama, RSUD dan RSMM ini sangat tinggi,” ujarnya.

Dijelaskan yang terlibat menjadi Panitia IYD Keusukupan Timika khusus Seksi Kesehatan adalah, perwakian dari RSUD Mimika, RSMM, Dinas Kesehatan dan PMI.
“Kami hanya sebagai penyelenggara kegiatan ini tapi kegiata ini milik kita semua dan butuh partisipasi kita semua,” pungkasnya.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *