BERITA UTAMAMIMIKA

Berdayakan Anak Asli Mimika, DPRP Usul SMK Negeri 5 Kemaritiman di Pigapu Tambah Jurusan Pengolahan Hasil Laut

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
11
×

Berdayakan Anak Asli Mimika, DPRP Usul SMK Negeri 5 Kemaritiman di Pigapu Tambah Jurusan Pengolahan Hasil Laut

Share this article
IMG 20230519 WA0071
SMK Negeri 5 Kemaritiman yang terletak di jalan menuju Pigapu.

Timika, fajarpapua.com – Anggota DPRP Papua, John NR Gobay meminta Pemda Mimika agar memberdayakan pengelolaan SMK Negeri 5 Kemaritiman yang terletak di jalan menuju Kampung Pigapu. Sebab, keberadaan sekolah tersebut sangat cocok dengan karakteristik wilayah Mimika yang merupakan daerah pesisir.

Berikut pertanyaan John Gobay sebagaimana yang diterima redaksi fajarpapua.com, Jumat (19/5).

ads

“Berapa kali saya melintasi daerah Pigapu setelah pulang dari Pomako. Saya melihat ada sebuah jalan masuk ke arah Logpon, saya cukup penasaran dan jalan masuk ada apa sebenarnya di dalam situ. Ternyata setelah diskusi dengan beberapa teman disana terdapat sebuah sekolah SMK.

SMK Negeri 5 Kemaritiman Mimika adalah sebuah sekolah SMK Negeri yang alamatnya di Pomako, dekat kampung Pigapu Kabupaten Mimika.

Saat ini, SMK Negeri 5 Kemaritiman Mimika dengan jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan. Bila dilihat dari potensi Mimika yang ada, mungkin saja akan bagus bila jurusan di sekolah ini ditambah dengan pengolahan hasil laut.

Pendidikan ini sangat penting guna menyiapkan SDM anak-anak Mimika yang daerahnya adalah pesisir pantai, dan mempunyai filosofi hidup yaitu 3S sagu, sampan dan sungai.

Menurut informasi yang kami peroleh, fasilitas di sekolah ini kurang memadai, listrik, dan lain-lain. Mungkin juga karena letak sekolah yang agak sedikit jauh, apalagi di ruas jalan ini belum terdapat angkutan umum yang dapat menjadi sarana transportasi bagi masyarakat, guru serta pelajar di sekolah itu.

Pendidikan seperti ini haruslah dikembangkan agar kita dapat memperoleh sumber daya manusia anak-anak asli Mimika yang mampu mengelola potensi daerah yang ada di daerahnya. Apalagi terdapat sebuah pangkalan pendaratan ikan di daerah Pomako yang setiap bulannya selalu disinggahi oleh puluhan bahkan ratusan kapal.

Harus ada sebuah kebijakan daerah yang mewajibkan agar nelayan-nelayan yang membongkar ikan di pangkalan pendaratan ikan, dapat menurun 20 %-30% ikan hasil tangkapan di Mimika, agar dapat dilelang di TPI untuk pedagang ikan, masyarakat serta dilakukan pengolahan hasil ikan yang dapat dilakukan oleh anak-anak di sekolah SMK Negeri 5 Kemaritiman.

Diharapkan langkah ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan bila mereka tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sekolah ini dapat kembangkan kelas terintegrasi yang dapat memberikan pembinaan ataupun juga pemberdayaan di bidang pengetahuan kepada masyarakat yang ada di sekitar agar mereka dapat melakukan pengolahan hasil laut yang dapat menunjang pendapatan keluarga.

Mungkin baik juga agar sekolah ini dipindahkan ke ruas jalan Hiripauw ke Pomako agar mudah diakses dan ada sarana transportasi.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *