BERITA UTAMAMIMIKA

Jangkau Wilayah 3T Kemkominfo Bangun Pemancar Satelit Terbesar se-Asia di Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
13
×

Jangkau Wilayah 3T Kemkominfo Bangun Pemancar Satelit Terbesar se-Asia di Mimika

Share this article
IMG 20230619 WA0038
Pemancar satelit SATRIA yang berada jalan WR Supratman Kelurahan Pasar Sentral Distrik Mimika Baru.Foto : Ryeno

ads

Timika, fajarpapua.com – Untuk mengatasi kesenjangan digital di
wilayah-wilayah pelosok terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) serta lokasi-lokasi pelayanan publik di sektor pendidikan, kesehatan, TNI dan Polri juga pemerintah daerah di Tanah Air yang tidak dapat diatasi dengan teknologi seperti base transceiver station (BTS), microwave link, dan serat optik Kementrian Komunikasi dan Informatika bangun pemancar satelit di Mimika.

Peresmian satelit pemancar tersebut ditandai dengan peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA) yang dilakukan secara serentak dan di Mimika sendiri dilakukan nonton bareng (nobar) dilokasi pemancar Stasiun Bumi PT SNT, Jalan WR Supratman, Kelurahan Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru, Senin (19/6).

SATRIA merupakan satelit multifungsi milik pemerintah, satelit ini akan menjadi satelit terbesar di Asia dan nomor lima di dunia dari sisi kapasitas, untuk kelas di atas
100Gbps.

SATRIA memiliki 11 stasiun bumi atau Gateway yang tersebar di berbagai lokasi
strategis di Indonesia, termasuk Cikarang, Batam, Banjarmasin, Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manado, Manokwari, Timika, dan Jayapura.

Kepala Bakti Kominfo Wilayah Sulawesi Muhammad Lutfi mengatakan pemancar satelit SATRIA dijadwalkan beroperasi pada Januari 2024.

Diharapkan berdasarkan pemetaan yang akan dilakukan oleh Kemkominfo maksimal untuk jaringan sampai ke wilayah 3T itu bisa terwujud.

“Cara kerja satelit SATRIA dia akan berputar diseluruh Indonesia pemetaan daerahnya nanti akan dilakukan oleh Direktorat Infrastruktur dan Direktorat Pelayanan Masyarakat di Bakti Kominfo,” katanya.

Selanjutnya Plt. Kepala Diskominfo Mimika, Albertus Tsolme mengatakan, mewakili Pemda Mimika ia mengapresiasi yang dilakukan oleh Menkominfo yang sudah membangun pemancar satelit dalam upaya penyebaran digitalisasi hingga menjangkau di pelosok-pelosok wilayah Kabupaten Mimika.

“Sehingga jaringan internet ini nantinya bisa dinikmati hingga kepelosok seperti yang terjadi didaerah lain. Sehingga kebutuhan masyarakat didaerah terpencil bisa terlayani,” ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *