BERITA UTAMAPAPUA

Kloter Terakhir Jamaah Haji Asal Papua, Tiba di Tanah Air

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Kloter Terakhir Jamaah Haji Asal Papua, Tiba di Tanah Air

Share this article
IMG 20230712 WA0098
Panitia penjemputan jemaah haji

Jayapura, fajarpapua.com– Jemaah haji kloter 9 asal Provinsi Papua, telah tiba di tanah air dan mendarat 8 menit lebih cepat, Selasa (11/7).

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Drs. H. Syamsuddin mengatakan, kloter 9 ini terdiri dari 393 orang jemaah dan petugas.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Jumlah jamaah haji dan petugas yang diberangkatkan pada kloter 9 sebanyak 393 orang jemaah. Walaupun jumlah jemaah dan petugas keberangkatan maupun kepulangan pada kloter 9 sama, namun terjadi mutasi masuk dan keluar (tanazzul), masing-masing 3 orang. Mutasi masuk 3 orang berasal dari Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, yang pulang lebih awal dari kloter mereka di kloter 39. Mutasi keluar 3 orang jemaah dari Kota Makassar, yang berasal dari Kloter 6,” katanya.

Syamsudin menyampaikan jika tahun depan penyelenggaraan haji sudah diselenggarakan oleh masing-masing PPIH sesuai daerah otonomi baru, yaitu Provinsi Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Tengah, maka ini menjadi tahun terakhir haji terselenggara atas nama PPIH Provinsi Papua.

Kembali, Syamsuddin menegaskan bahwa jemaah haji Provinsi Papua yang berasal dari beragam asal daerah terutama dari Sulawesi Selatan, pada dasarnya sama-sama merupakan jemaah haji Indonesia, bersama dengan jemaah haji provinsi lainnya, sehingga sama-sama telah membawa dan menjaga nama baik Indonesia.

Syamsuddin juga menyampaikan ajakan bergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Papua, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, agar dapat saling mengisi dan memberi informasi, serta saling menjaga kemabruran haji.

Syamsuddin mengajak untuk jemaah yang singgah di Makassar untuk dapat segera kembali ke Papua dan bersama-sama membangun Tanah Papua.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *