BERITA UTAMAMIMIKA

Tingkatkan Kualitas Produk, Pemda Kabupaten Mimika Berikan Bantuan dan Aktif Sertakan UMKM ke Pameran

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Tingkatkan Kualitas Produk, Pemda Kabupaten Mimika Berikan Bantuan dan Aktif Sertakan UMKM ke Pameran

Share this article
IMG 20230818 WA0006
Penjabat Sekda Mimika Petrus Yumte

Timika, fajarpapua.com- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah melakukan pembinaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada daerah ini guna meningkatkan kualitas produk sehingga bisa diterima konsumen.

“Pembinaan sangat penting bagi pelaku UMKM agar kualitas yang dihasilkan memiliki nilai jual yang baik,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Petrus Yumte, Jumat lalu.

ads

Menurut Petrus, pembinaan yang dilakukan terhadap pelaku UMKM yakni dengan memberikan bantuan bantuan produksi serta melibatkan dalam pameran di Mimika maupun keluar daerah.

“Bantuan produksi diberikan agar pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih bervariasi dan berkualitas,” ujarnya.

Dia menjelaskan produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM di Mimika diantaranya tepung sagu, teh mangrove, abon ikan, buah merah, sarang semut, keripik, kopi, kerajinan tangan (ukiran) asli Kamoro, aksesoris dan noken.

“Tahun 2022 kami melibatkan 15 pelaku UMKM untuk mengikuti pameran di Bali, sekaligus mempromosikan produk kita,” katanya lagi.

Dia menambahkan promosi UMKM sangat penting agar produk asli daerah dapat dikenal di kalangan yang lebih luas lagi.

“Promosi dapat dilakukan melalui pameran UMKM, juga melalui digitalisasi sehingga jangkauannya semakin luas,” ujarnya lagi. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *