BERITA UTAMANASIONAL

Tiga Unit Pembangkit PLN UIW PPB Raih Penghargaan Proper Biru

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
21
×

Tiga Unit Pembangkit PLN UIW PPB Raih Penghargaan Proper Biru

Share this article
IMG 20231222 WA0005
Tampilan PT PLN (Persero) ULPLTD Sorong

Jayapura, fajarpapua.com- PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup di seluruh unit kerjanya. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya tiga Proper Biru untuk pembangkit listrik PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan periode 2021-2022.

Ketiga unit pembangkit tersebut diantaranya Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) MPP Jayapura yang mendapatkan proper dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Klasaman, Sorong dan PLTD Sanggeng, Manokwari yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Papua Barat. Penilaian dilakukan berdasarkan beberapa kategori yang meliputi kepatuhan dalam pemantauan, pelaporan, pengelolaan pengendalian limbah B3, pengendalian pencemaran air, emisi udara, serta kebisingan sesuai implementasi AMDAL.

ads

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap L. Ormuseray menjelaskan secara nasional evaluasi proper untuk tahun 2021-2022 dilakukan terhadap 3.295 perusahaan. Khusus untuk Provinsi Papua, pada periode ini diikuti oleh 4 perusahaan dengan tingkat 100 persen salah satunya yaitu PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat.

“Saya sangat mengapresiasi manajemen PT PLN (Persero) yang telah mendorong unit usahanya untuk ikut dalam program proper, apalagi dengan prestasi kategori biru. Semoga prestasi ini dapat menjadi pemicu lainnya. Terima kasih kami ucapkan kepada PLN atas kepatuhannya terhadap pengelolaan Limbah B3, pengelolaan lingkungan secara keseluruhan termasuk pelaporan ketaatan lingkungan hidup yang telah dilaksanakan selama Semester 1 dan 2 untuk tahun 2022 serta semester 1 pada tahun 2023,” ungkap Jan, Kamis (21/12/2023).

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono mengungkapkan bahwa selama ini PLN selalu mengedepankan pengelolaan perusahaan dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan dengan mengedepankan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG). Hal ini akan dilakukan secara konsisten agar lebih memberikan banyak dampak positif untuk seluruh lini.

“Kedepannya penghargaan ini akan menjadi semangat dan acuan untuk lebih baik dan harapannya bisa ditingkatkan. Bagi PLTD Sanggeng dan PLTD Klamasan ini menjadi kali kedua dalam mendapatkan proper biru, sehingga saat ini keduanya menjadi kandidat untuk mendapatkan Proper Hijau,” ujar Budiono.

Dia juga menambahkan bahwa capaian yang didapatkan PLN saat ini tidak terlepas dari andil semua pihak. Dukungan mitra kerja yang suportif dan kompak membuat goals perusahaan bisa dicapai bersama-sama. “Terima kasih kepada semua mitra yang membantu dan kepada KLHK serta DLHK Provinsi Papua dan Papua Barat atas penghargaan yang diberikan,” pungkas Budiono.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *