BERITA UTAMAPAPUA

KPU Papua Tengah Dampingi Langsung Tahapan Penyiapan Penyelenggara Pemilu Tingkat KPPS di Kabupaten Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
72
×

KPU Papua Tengah Dampingi Langsung Tahapan Penyiapan Penyelenggara Pemilu Tingkat KPPS di Kabupaten Mimika

Share this article
5ffef35a 6ad5 46b8 bcba 6fd322b4a9de
Indra Ebang Ola

Timika, fajarpapua.com – KPU Provinsi Papua Tengah mendampingi langsung tahapan penyiapan penyelenggara Pemilu di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Komisioner KPU Papua Tengah Divisi Teknis yang juga Selaku Koordinator Wilayah Timika Indra Ebang Ola saat ditemui di Gedung Tongkonan jalan Samtatulangi Timika, Kamis (25/1) mengatakan, pihaknya akan mendampingi tahapan tersebut mulai dari pelantikan hingga bimbingan teknis para anggota KPPS.

ads

“Kami dampingi teman-teman di 8 Kabupaten Kota untuk memastikan bahwa semua proses berjalan sesuai ketentuan dan harapan, serta memastikan seluruh KPPS khususnya di Mimika ini ditumbuhkembangkan semangat nilai-nilai kode etik dan juga kemampuan tugas utama KPPS pada saat proses pelaksanaan Pemilu,” katanya.

Menurutnya, dalam tahapan penyiapan penyelenggara Pemilu ditingkat KPPS hal yang paling ditekankan adalah pada saat penguatan kapasitas kemampuan pengetahuan. Agar mereka mampu melaksanakan tugas, fungsi dan kedudukannya. “Pada saat persiapan, memberitahukan kepada pemilih, menyiapkan pemungutan suara, proses pemungutan perhitungan sampai pada pleno yang berjenjang,” ujarnya.

Lanjutnya, Bimtek diberikan kepada KPPS agar teknis-teknis pelaksanaan pemungutan, perhitungan suara dan persiapan Pemilu dapat dimengerti dan dipersiapkan secara baik.

“Bimbingan teknis dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dan pengetahuan. Selain itu juga kita menanamkan sikap mental dan moral sehingga mereka melaksanakan tugas mengedepankan prinsip-prinsip Pemilu yaitu mandiri, independen dan integritas. Mereka harus memahami tentang kode etik dan kode perilaku penyelenggara Pemilu yang harus dijaga agar betul-betul proses ini berjalan dengan adil, terbuka dan jujur untuk memenuhi harkat dan martabat demokrasi serta kepentingan seluruh masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya,”jelasnya.

Ia menambahkan, selain proses tahapan tersebut untuk KPU sendiri sementara melakukan sortir lipat menyiapkan surat suara dan sisa-sisa logistik untuk memastikan logistik di 8 Kabupaten Kota, supaya pada saat pendistribusian itu tepat jumlah, jenis, sasaran dan waktu.

“Sehingga problem-problem dilapangan terkait logistik surat suara, alat-alat kelengkapan dan form-form yang dibutuhkan pada saat hari H rekapitulasi semua betul-betul sesuai dengan kebutuhan dimasing-masing TPS, juga termasuk data pemilih yang memang lagi disiapkan. Kami yakin sudah siapkan semuanya dan akan berjalan dengan jadwal, tahapan dan sesuai keinginan kita semua,” ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *