Lyon Kubur Mimpi City Juara Liga Champions

by -
Penyerang Manchester City Gabriel Jesus (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Real Madrid dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Jumat (7/8/2020) waktu setempat.

Lisbon, fajarpapua.com

Olympique Lyon mengubur mimpi Manchester City untuk menjuarai Liga Champions musim ini setelah mengalahkan klub kaya raya Inggris itu dengan skor 3-1 dalam laga perempat final di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Moussa Dembele memainkan peran supersub dengan mencetak dua gol untuk menyokong kemenangan Lyon, setelah keunggulan mereka lewat Maxwell Cornet sempat diimbangi oleh City melalui Kevin De Bruyne, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu mengantarkan Lyon melangkah ke semifinal, menghadapi Bayern Muenchen, klub yang juga menyingkirkan mereka di babak serupa pada musim 2009/10 silam.

Kendati mendominasi penguasaan bola, City mengawali pertandingan dengan kerapuhan di lini tengah dan belakang mereka menyusul pola 3-1-4-2 yang diterapkan Pep Guardiola. Fernandinho jadi kelemahan di lini belakang dan Rodri Hernandez tak sanggup mengawal lini tengah yang beberapa kali dimanfaatkan Lyon untuk membangun serangan.

Dua kali kiper City Ederson Moraes dipaksa sigap membaca arah bola, yang memang belum tampak membahayakan dari tembakan jarak jauh Fernando Marcal serta Marcelo.

Lubang di area tengah City akhirnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Lyon ketika Karl Toko Ekambi lolos dari jebakan offside dan berusaha mengejar umpan jauh yang memancing Ederson keluar dari sarangnya.

Bola jatuh ke kaki Cornet yang tak terkawal dan melepaskan tembakan penyelesaian sempurna untuk menjebol gawang City dari luar kotak penalti dan membawa Lyon memimpin pada menit ke-24.