BERITA UTAMA

Lembaga Islam di Papua Minta Pemda Transparan dalam Penggunaan Anggaran

pngtree vector tick icon png image 1025736
6
×

Lembaga Islam di Papua Minta Pemda Transparan dalam Penggunaan Anggaran

Share this article
Islam Papua
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Papua Dr Toni Wanggai.

Jayapura, fajarpapua.com

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Papua Dr Toni Wanggai mendorong penyelenggara pemerintahan daerah di Bumi Cenderawasih amanah dalam menggunakan anggaran termasuk dana bantuan dari pemerintah pusat.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Saya mengajak kepada seluruh komponen di pemerintah daerah yang ada di Papua dalam menjalankan tugas negara terutama dalam menggunakan keuangan negara agar bisa dipakai secara baik dan tepat sasaran,” kata Toni di Kota Jayapura, Papua, Minggu.

Apalagi, kata dia, di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 ini, kucuran dana dari pemerintah pusat tidak sedikit, sehingga diharapkan agar tepat sasaran dan sesuai peruntukannya.

“Untuk itu saya mengajak kepada para penyelenggara pemerintah daerah untuk dapat menggunakannya dengan baik dan benar sehingga terciptanya kesejahteraan  masyarakat,” tegasnya.

Ia menambahkan transparansi sangat dibutuhan dalam proses pendistribusian bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

“Dengan berprinsip kepada amanah jabatan yang diberikan, tentunya kecil kemungkinan untuk terjadinya penyelewengan anggaran, baik itu Korupsi ataupun kejahatan lainnya,” kata Dr Toni yang juga anggota Majelis Rakyat Papua.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Jayapura Hariyanto Rumagia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang berada di Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua untuk mengawal bantuan yang diberikan oleh pemerintah baik berupa barang maupun dana tunai.

Menurut dia, masyarakat harus mengawal bersama bantuan yang diberikan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, agar tidak diselewengkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Bantuan yang sudah diberikan dari pemerintah pusat, agar kita dapat mengawal bantuan tersebut dengan baik dan mendukung penuh pemerintah daerah dalam menjalankan amanahnya selaku perpanjangan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa dalam pengawalan yang dilakukan oleh seluruh elemen, menjadi hal penting dalam bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat agar dapat tersalurkan secara merata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *