BERITA UTAMAMIMIKA

Dinilai Tidak Konsisten, Formatur IKKBJ Mimika Polisikan 5 Ketua Wilayah Suku Jayapura

pngtree vector tick icon png image 1025736
7
×

Dinilai Tidak Konsisten, Formatur IKKBJ Mimika Polisikan 5 Ketua Wilayah Suku Jayapura

Share this article
Jayapura
Yusuf Sorontouw

Timika, fajarpapua.com – Formatur Ikatan Kerukunan Keluarga Besar Jayapura (IKKBJ) Kabupaten Mimika mempolisikan lima Ketua Wilayah Suku Jayapura Kabupaten Mimika.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Penyebabnya, ketua ketua suku itu dinilai tidak konsisten dengan keputusan yang mereka tetapkan, lalu mereka telah membatalkan tim formatur yang telah bekerja mempersiapkan pemilihan Pengurus IKKBJ selama tiga bulan.

Padahal para ketua wilayah dalam pertemuan di Nawaripi telah memilih Formatur dan diatur dalam Surat keputusan (SK).

Ketua Tim Formatur, Yusuf Sorontouw kepada wartawan mengatakan lima ketua wilayah Suku Jayaura di Timika mestinya mengundang warga sekaligus menjelaskan apa alasan sehingga mereka membatalkan Formatur yang mereka pilih dan mereka angkat secara tetulis dalam sebuah SK.

‚ÄúPemilihan formatur ini melalui sebuah pertemuan bersama karena selama tiga tahun pengurus IKKBJ fakum dan ketuanya sudah pindah ke Jayapura. Dalam pertemuan di rumahnya Bapak Aleks Toto di Nawaripi, 5 ketua wilayah suku Jayapura ini mereka memilih Yusuf Sorontouw sebagai ketua formatur dengan kepengurusannya wakil ketua dan sekretaris serta seksi-seksi. Pemilihan tidak secara lisan saja tapi ada SK yang kelima ketua wilayah ini tandatangan dan itu sah,” ujarnya.

Namun, lanjut dua, setelah terpilih pihaknya langsung bekerja mempersiapkan administrasi dan segala sesuatu berkaitan dengan persiapan pemilihan ketua IKKBJ.

Termasuk formatur telah menjaring para calon ketua dan sudah terdaftar di formatur dan yang lolos seleksi administrasi hanya dua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *