KESEHATAN

Manfaat Daun Sendok untuk Libido dan 5 Fungsi Lainnya

cropped cnthijau.png
17
×

Manfaat Daun Sendok untuk Libido dan 5 Fungsi Lainnya

Share this article
manfaat daun sendok

Bogor, Fajarpapua.com – Tidak semua orang mengetahui manfaat daun sendok atau tanaman dengan bernama latin Platigo Mayor L ini sebagai perangsang Libido.

Bentuknya yang menyerupai sendok ini menjadi alasan kenapa Platigo Mayor L ini lebih dikenal dengan nama Daun Sendok.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Tumbuhan obat ini sebenarnya merupakan jenis tanaman liar atau gulma yang banyak terdapat di hutan atau area – area yang lembab.

Asal dari daun sendok ini dari daratan Asia dan Eropa yang kini sudah banyak menyebar ke seluruh dunia, bahkan merupakan salah satu dari sembilan tanaman obat yang di anggap sakral di Anglo Saxon.

Di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki beragam nama sebutan seperti daut urat urat, ekor angin dan kupung menjangan. Nama ini dikenal di wilayah Sumatera dan orang Minang menyebutnya sebagai Torongoat.

Lain Sumatera lain pula di Jawa, bagi orang Jawa tanaman ini dikenal dengan nama otot – ototanm sengkabuah atau suri pandak.

Sedangkan di Belanda, tanaman ini dikenal dengan nama Weebreem, di Inggris dengan nama Greater Plaintain, di Vietnam Xa Tien dan masih banyak nama lainnya di setiap negara.

Manfaat Daun Sendok

Berikut ini beberapa fungsi atau manfaat dari daun  sendok

Mengobati Luka

Dengan menggunakan daun yang masih segar baru dipetik, kemudian di tumbuh hingga alus agar bisa diperas keluar airnya, pergunakan airnya untuk mengompres luka terbuka tersebut.

Obat Mimisan

Seduh dengan air panas daun dari  tanaman daun sendok ini yang sebelumnya di cuci hingga bersih terlebih dahulu lalu sisanya diperas kemudian disaring untuk diminum.

Perangsang Libido

Kumpulkan biji daun sendok yang kering lalu di giling halus hingga menjadi bubuk. Kemudia dengan menggunakan air panas di seduh lalu di tambahkan madu sebagai tambahan. Diaduk hingga merata sebelum diminum.

Pelancar Kencing

Setelah daunnya di cuci bersih, kemudian direbus dengan air dan ditambahkan gula untuk di minum.

Disentri Panas

Setelah daunnya dicuci halus kemudian ditumbuk hingga halus, air perasannya dikumpulkan hingga sekitar 1 gelas ( 200ml ) kemudian tambahkan madu dan diaduk merata sebelum diminum.

Disamping kelima contoh manfaat dari daun sendok yang disebutkan, masih banyak lagi manfaat dari tanaman gulma ini yang bisa memiliki manfaat dan kegunaan bagi tubuh.

Lestarikan kekayaan alam Indonesia yang tak ternilai ini, bagi anda yang ingin mencobanya sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter atau ahlinya terutama bagi anda yang sedang dalam proses pengobatan rutin oleh medis atau dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *