Atasi Asam Urat dengan Sidaguri

by -
atasi asam urat

Tanaman liar tampaknya bisa juga memberikan manfaat bagi kesehatan kita, contohnya untuk atasi asam urat dengan sidaguri. Sebuah tanaman liar yang dari dulu dikenal sebagai herbal alami.

Ternyata Sidaguri ini hanya mekar dan menunjukan keindahan bunganya selama 180 menit di siang hari.

Banyak sekali nama yang dimiliki oleh tanaman liar ini yang bernama latin Sida Rombofobia seperti misalnya di Ternate dikenal dengan nama Digo, di Madura dikenal dengan nama Taghuri dan Saliguri di Sumatera serta masih banyak nama lainnya yang diberikan kepada tanaman ini.

Dengan ciri daun tunggal yang berbentuk bulan seperti telur dan bergerigi di sekililing daun dengan panjang antara 1 cm – 2 cm ini memang banyak sekali di jumpai di daerah tropis.

Seorang peneliti dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas lampung telah menuliskan sebuah artikel pada tahun 2015 yang menyebutkan bahwa air seduhan dari daun sidaguri ini dapat dengan ampuh menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Asam urat sendiri adalah merupakan sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri terdapat pada semua mahluk hidup dan juga buah-buahan.

Penelitian Sidaguri Atasi Asam Urat

Kemampuan untuk atasi asam urat dengan Sidaguri ini telah terbukti melalui penelitian yang telah menyebutkan bahwa flavonoid yang ada pada tumbuhan liar ini memiliki efek inhibitor xanthine oksidase yang dapat berfungsi untuk mengurangi produksi dari asam urat yang berlebihan dalam tubuh.

Tumbuhan ini juga terbukti melalui penelitian tersebut bahwa dapat bekerja secara diuretik atau membantu proses pembuangan kelebihan dari asam urat dalam darah agar tidak menumpuk salam tubuh.

Selain dari asam urat ternyata Sidaguri juga bisa mengatasi bisul atau mengurangi pembengkakan akibat tulang patah. Untuk yang memiliki penyakit rematik, juga bisa memanfaatkan tumbuhan ini untuk mengatasi sakit rematik yang di deritanya.

Ternyata penderita desentri dan enteritis pun bisa diobati dengan daun Sidaguri ini.

Dengan adanya hasil penelitian ini, meskipun tanaman ini tergolong tumbuhan liar, tapi sudah banyak ahli herbal yang membudidayakan tanaman Sidaguri ini untuk sebagai bagian dari pengobatan alami dengan herbal.

Kekayaan alam Indonesia tidak ternilai jumlahnya termasuk di dalamnya Manfaat Jahe, jadi mari kita jaga kekayaan alam Indonesia dan tetap selalu konsultasikan dengan dokter terutama apabila anda sedang mengalami pengobatan rutin.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250