Cara Push Up Yang benar Untuk Jaga Kebugaran Selama Covid-19

by -
cara push up yang benar

Bogor, Fajarpapua.com – Selama pandemi Corona atau Covid-19 perlu kita selalu menjaga kesehatan diri dan tetap berolah raga dirumah, salah satunya adalah Push Up. Agar dapat mendapatkan manfaat dari Push Up kita perlu memperhatikan cara Push Up yang benar dan sehat.

Sebagaimana diketahui bahwa tujuan utama dari olah raga Push Up ini adalah untuk pembentukan dan membangun kekuatan dari tubuh bagian atas seperti otot dada bahu dan trisep.

Disamping pembentukan otot atau membentuk kekuatan tubuh bagian atas, ternyata Push Up juga baik untuk kesehatan jantung, tapi tentu saja hanya bisa dirasakan apabila dilakukan dengan cara Push Up yang benar.

Seperti apa cara Push Up yang benar ?

Push Up memang terlihat sangat sederhana hanya sekedar meluruskan badan menahan dengan tangan lalu melakukan gerakan naik turun dengan ditopang kekuatan tangan.

Tapi sebenarnya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan supaya manfaat dari olah raga Push Up ini memberikan hasil yang maksimal.

Bagi seorang pemula terdapat beberapa cara Push Up yang benar dan memang lebih mudah dilakukan. Berikut ini beberapa contoh cara Push Up yang benar serta mudah bagi pemula

Wall Push Up

Metode atau cara ini adalah cara yang paling dasar dalam melatih kegiatan olah raga Push Up.

Dengan menempatan posisi berdiri akan mempermudah karena tidak akan meletakan beban tubuh kepada persendian tangan.

Lakukan tahapan persiapan untuk melakukan Wall Push Up secara baik dengan cara berikut ini.

  • Posisikan tubuh menghadap tembok dengan jarak kurang lebih satu jangkauan lengan and.
  • Renggangkan kaki atau buka kaki sebahu seperti pada posisi istirahat ditempat.
  • Mulai condongkan tubuh kearah tembok tanpa memajukan kaki, dan letakan tangan diatas tembok.
  • Perlebar lengan anda sebahu dan lurus tidak melebihi bahu.
  • Lalu lakukan gerakan mendekatkan dada kearah tembok tanpa merubah posisi kaki sambil menarik nafas.
  • Tahan posisi 1 detik sampai 2 detik ( untuk pemula ) lalu buang nafas sambil mendorong tembok dan kembali keposisi semual.

Seated Push Up

Variasi ini sesuai namanya Seated atau posisi duduk, maka dilakukan di kursi dan dalam posisi duduk. Pastikan bangku atau kursi tersebut kokoh tidak goyang dan memiliki pegangan atau sisi tempat meletakan tangan yang kuat menopang berat badan anda.

Berikut ini adalah cara mempersiapkan diri dan melakukan Seated Push Up di rumah atau di tempat kerja bahkan saat bersantai.

  • Posisikan diri duduk dengan nyaman kemudian letakan kedua tangan di samping ( tempat menopang tangan )
  • Angkat tubuh agar terangkat hingga tangan posisi lurus sambil menarik nafas dan tahan 1-2 detik
  • Lepaskan berlahan dan kembali keposisi semula.

Cukup mudah bukan kedua cara tersebut, namun sebaiknya dilakukan dengan santai dan tidak terlalu dipaksakan agar tidak terjadi kekakuan atau nyeri pada persendian atau otot – otot yang dilatih.

Apabila kita mengetahui dan menjalankan dengan cara Push Up yang benar tentunya manfaat yang tepat akan kita rasakan sebagai bagian dari cara menjaga kebugaran dirumah.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250