Bakohumas : Satgas COVID-19 membutukan koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah

by -

Jayapura, 24/11 fajarpapua – Anggota Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Minto Widodo mengharapkan, peran Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dalam menyebarkan informasi COVID-19 yang dapat dipercaya kepada masyarakat melalui situs resmi pemerintah, ifluencer serta aplikasi mobile apps sesuai dengan kearifan lokal Papua.

“Penyajian informasi yang berkearifan lokal Papua diharapkan dapat mempercepat penanganan COVID-19 di Papua serta pemulihan sektor kesehatan, ekonomi dan sosial,”ungkap Satgas COVID-19 Minto Widodo rapat kooordinasi Bakohumas Papua di Jayapura, Selasa.

Ia mengharapkan, pengelolaan sumber data dan informasi Satgas COVID-19 membutukan koordinasi dan sinergitas antara pemerintah, badan usaha, media massa, masyarakat dan akademisi.

Minto Widodo mengakui, dari hasil survei masyarakat saat ini lebih banyak mengakses informasi mengenai COVID-19 melalui media online 73,68 persen, tayangan televisi 72,93 persen serta media sosial 70,68 persen.

Sedangkan informasi lain, menurut Minto Widodo,seperti lewat poster/leaflet 30,08 persen, teman/tetangga 26,32 persen, petugas kesehatan 36,84 persen, tokoh agama 13,53 persen,kader kesehatan 9,02 persen serta informasi lainnya 2,26 persen.

“Bakohumas menjadi sarana komunikasi pemerintah dalam menyebarluaskan informasi yang benar tentang COVID-19 dan mencegah berita yang tidak benar (hoaks),”ujarnya.

Tantangan Bakohumas dalam menghadapi normal baru tahun 2021, menurut Minto Widodo, adalah dengan memanfaatkan sistem  terintegrasi untuk analisis data dan informasi.

“Melalui forum Bakohumas inilah diharapkan informasi yang benar mengenai COVID-19 bisa diterima masyarakat secara utuh dan dapat dipertanggungjawabkan,”ujarnya.

Rapat koordinasi Bakohumas Provinsi Papua diikuti 50-an peserta dibuka staf ahli Gubernur Papua bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia Ibu EP Rumbekwan dihadiri pejabat Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Jakarta Mohamad Ilham A Hamudy. (ant)

banner 300250
INFO IKLAN 0812-3406-8145