BERITA UTAMA

Informasi Pengumuman Kuota SNMPTN 2021 Terupdate

cropped cnthijau.png
4
×

Informasi Pengumuman Kuota SNMPTN 2021 Terupdate

Share this article
Informasi Pengumuman Kuota SNMPTN 2021

Jakarta, Fajarpapua.com – Para orang tua dan lulusan SMA sederajat selalu menanti keputusan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) yang memiliki wewenang untuk mengumumkan Informasi Pengumuman Kuota SNMPTN 2021. Namun meskipun demikian Lembaga ini ( LTMPT ) tidak dapat memutuskan secara sepihak.

Keputusan yang dikeluarkan oleh LTMPT ini tentunya sudah melalui proses panjang dan pengkajian terhadap kondisi dan keadaan yang memang saat ini memiliki variabel tambahan yaitu efek dari pandemi corona atau Covid-19.

ads

Pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT meminta agar pihak sekolah memeriksa kembali status dari masing-masing sekolah yang terdaftar pada Pusat Data dan Teknologi Informasi ( Pusdatin ) yang berada di bawah Kemendikbud.

“Jadi kami ( LTMPT ) meminta dengan sangat agar masing-masing sekolah berperan aktif untuk memeriksa status sekolahnya di Pusdatin” kata Ketua Pelaksana LTMPT Budi Widyobroto hari ini ( 12/12/2020 )

Budi juga menyampaikan bahwa sekolah tidak bisa hanya menunggu, sebab data pada Pusdatin perlu diperbaharui agar proses penentuan kuota dapat dilakukan dengan menggunakan acuan terbaru.

Terkait informasi pengumuman kuota SNMPTN 2021 yang akan disampaikan pada 28 Desember 2020 nanti akan mengacu kepada pemutakhiran data yang diberikan oleh masing-masing sekolah pada Pusdatin hingga tanggal 23 Desember 2020.

Beberapa dasar penghitungan ini adalah dari status Akreditasi sekolah dan banyaknya siswa pada sekolah tersebut yang dilakukan secara pararel terhadap jenjang bidang IPA maupun IPS.

“Jadi nanti di tanggal 28 Desember 2020 kita pasti akan umumkan secara terbuka berapa kuota untuk masing-masing sekolah.” Tambahnya.

Semua mekanisme sama saja hanya saja khusus tahun ini ada pertimbangan terkait permasalahan pandemi Covid-19 dan masa sanggah kuota bisa dilakukan hingga 15 Januari 2021.

“jadi untuk yang ingin menyanggah persoalan kuota ini akan kita tunggu. Ya, kita tunggu sampai 15 Januari 2021 Pukul 15:00 WIB… ingat ya WIB bukan waktu setempat.” Tambah budi menutup pengumuman yang disampaikan secara Online tersebut.

Menariknya pada seleksi masuk PTN tahun 2021 ini adalah LTMPT akan memberikan atau memfasilitasi masuk ke politeknik ( poltek ) negeri. Saat ini tercatat ada 40 Politeknik negeri yang sudah terdaftar dan resmi bekerja sama dengan LTMPT untuk menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru di tahun 2021.

Terkait mengenai mekanisme pelaksanaan ujian apakah akan dilakukan diruangan seperti tahun sebelumnya ataukah melalui ujian masuk Online dengan mekanisme tertentu masih belum ada penjelasan dari pihak LTMPT.

Yang dapat dipastikan adalah keharusan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pandemi corona atau Covid-19 dari sejak berangkat, pelaksanaan ujian hingga kembali kerumah wajib tetap dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *