TEKNOLOGI

2021, Jaringan 4G akan Digenjot Oleh Kominfo

cropped cnthijau.png
7
×

2021, Jaringan 4G akan Digenjot Oleh Kominfo

Share this article
2021 Jaringan 4G

Bogor, Fajarpapua.com – Pada tahun 2021 Jaringan 4G akan menjadi fokus perhatian dari Kemkominfo  ( Kementrian Komunikasi dan Informatika ) untuk dapat di nikmati secara merata di seluruh Indonesia.

Hal ini dikarenakan sesuai perkembangan dari kemajuan teknologi dan tuntutan perkembangan dalam rangka persiapan Indonesia Siap 5G di samping banyaknya aktivitas perekonomian yang bergerak dan bergantung kepada kecepatan data dengan menggunakan Smartphone.

ads

Layanan seluler telah menjadi salah satu pilar penopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia terutama semenjak adanya pandemi corona ( Covid-19 ) yang mengharuskan setiap kegiatan sebisa mungkin dilakukan dari dalam rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Pelayanan seluler saat ini menggunakan akses 2G, 3G, 4G dan ke depannya akan hadir jaringan 5G yang menggunakan “pipa” yang dimiliki oleh 4G. Dengan demikian kekuatan dan penyebaran jaringan 4G harus sesegera mungkin dapat dilakukan dengan baik.

Pihak Kemkominfo  juga memastikan dengan adanya penyebaran 4G tidak mematikan akses terhadap 2G. Hal ini tentunya dengan pertimbangan karena masih banyaknya aplikasi dan perlengkapan yang masih menggunakan 2G sebagai sarana komunikasinya.

Tercatat di Indonesia sendiri dari 83.218 desa baru ada sekitar 70.760 desa yang sudah berada di area pelayanan akses 4G. Sementara 12.548 desa lainnya masih tercover oleh 2G bahkan ada di antaranya yang masih belum terjangkau sama sekali.

Dari 12.548 desa yang belum terjangkau 4G atau bahkan belum terjangkau sama sekali baik oleh 4G, 3G maupun 2G tercatat ada sekitar 9.113 desa yang berada di area 3T ( Terluar, Tertinggal, dan Terdepan ).

Dengan terjangkaunya daerah 3T diharapkan oleh Kemkominfo akan secara otomatis berdampak kepada daerah non 3T karena untuk menjangkaunya tentu saja akan melalui area non 3T meskipun diperlukan sedikit peningkatan kualitas.

Hal tersebut juga sesuai dengan Undang-Undang Cipta kerja yang akan mewujudkan peralihan siaran analog menuju digital (Analog Switch Off / ASO).

Dalam rangka program 2021 Jaringan 4G akan tersedia di seluruh Indonesia ini pihak Kemkominfo juga sudah mempersiapkan berbagai hal penunjangnya seperti perencanaan infrastruktur termasuk di dalamnya rancang bagun yang mengusahakan terdapat setidaknya 1 BTS untuk setiap desanya.

Di samping infrastruktur persiapan kematangan dan ketrampilan pengetahuan dari SDM juga sedang dilakukan oleh beberapa pihak yang akan terlibat agar nantinya proses maintenance dan support di lapangan tidak lagi menjadi kendala.

Pada 2021 jaringan 4G akan digenjot dan dengan penyebaran yang menjangkau nusantara akan memberikan arus informasi yang cepat dan tepat ke tengah-tengah masyarakat dan dalam rangka persiapan penggunaan teknologi 5G yang direncanakan rampung pada 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *