TEKNOLOGI

WhatsApp Uji Coba Fitur Komunitas

cropped cnthijau.png
6
×

WhatsApp Uji Coba Fitur Komunitas

Share this article
WA
WhatsApp

Timika, fajarpapua.com – Fitur Komunitas akhirnya diumumkan oleh WhatsApp setelah dirumorkan dalam waktu yang lama. Fungsi fitur ini adalah untuk menggabungkan beberapa grup dalam satu wadah.

Fitur Komunitas membuat admin bisa membentuk organisasi dari beberapa grup yang memiliki suatu persamaan kedalam tempat yang lebih besar

ads

Contoh yang sederhana apabila seorang pimpinan kantor menggabungkan beberapa grup seperti grup admiministrasi, grup pekerja operasional dan grup lainnya menjadi satu besar yang bisa diberi nama “kantor”.

Begitu pula jika anda memiliki grup besar “toko” yang berisi grup pekerja toko, suplier barang dan berbagai grup lain yang menunjang aktifitas toko. Tidak hanya menggabungkan grup kecil dalam organisasi yang lebih besar, namun para admin grup tadi dapat menyampaikan informasi yang penting lewat grup khusus yang diberi nama “Announcement group”.

Whatsapp Akan Batasi Identitas Peserta

Grup yang disimbolkan dengan gambar yang menyerupai speaker berwarna hijau, berisikan seluruh anggota dari grup kecil yang telah dikumpulkan. Kelebihannya, hanya admin masing-masing grup yang bisa mengirim pesan sehingga tidak perlu khawatir jika pesan terlewat oleh anggota yang lain.

Fitur komunitas yang memungkinkan untuk peredaran informasi yang cepat, WhatsApp membatasi pesan yang bisa diteruskan. Forrwarded message kini hanya bisa dikirimkan sekali dalam sebuah grup. Sebelumnya pesan yang bisa diteruskan memiliki batas maksimal lima kali.

Fitus komunitas yang mengumpulkan berbagai anggota dalam satu besar membuat WhatsApp berinisiatif untuk menyembunyikan berbagai informasi pribadi pengguna satu ke lainnya. Diantaranya termasuk nomer telepon, foto profil dan lainnya.

Walaupun informasi mengenai fitur komunitas ini telah tersebar luas, masih belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan. Kabar terakhir yang beredar bahwa pihak WhastApp telah menguji coba komunitas di berbagai negara.

Jyoti Sodd yang merupakan Product Manager WhatsApp menyebutkan bahwa  fitur Komunitas akan diuji coba pada beberapa negara dalam beberapa bulan kedepan. Jika tahap uji coba telah dilaksanakan, pihaknya akan segera meluncurkan fitur komunitas ke pengguna dan akan dilaksanakan secara bertahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *