BERITA UTAMANASIONAL

Semalam Timika Dihajar Angin Kencang, Penting !!! Simak Baik-baik Prakiraan Cuaca BMKG Tiga Hari ke Depan

pngtree vector tick icon png image 1025736
10
×

Semalam Timika Dihajar Angin Kencang, Penting !!! Simak Baik-baik Prakiraan Cuaca BMKG Tiga Hari ke Depan

Share this article

Sementara hujan dengan intensitas lebat diprediksi terjadi hingga 2 Februari di wilayah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Guswanto menjelaskan kondisi cuaca ekstrem tersebut disebabkan dinamika atmosfer yang tidak stabil yang dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

ads

Adanya Monsun Asia yang masih mendominasi wilayah Indonesia dan diperkuat oleh aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di sebagian wilayah Indonesia.

Selain itu, masih adanya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara diprediksi dapat memengaruhi pola arah dan kecepatan angin, sehingga meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

BMKG juga memantau adanya bibit siklon tropis 12U di Australia bagian Utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Samudra Hindia Selatan Banten-Jawa dan peningkatan kecepatan angin/low level jet (LLJ) yang terinduksi dari pola siklonik, yaitu di laut Jawa, perairan Selatan Jawa Tengah hingga NTT yang mencapai kecepatan angin lebih dari 35 knot per 45 km per jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *