Mimika Butuh Sosok Sekda yang Smart dan Mempersatukan, Bukan yang Selalu Menyulut “Bara Api”

by -
Temorubun
Yosep Temorubun SH

Timika, fajarpapua.com – Munculnya nama-nama calon Sekda Mimika yang lolos administrasi cukup mengejutkan publik Mimika. Pasalnya, dari nama-nama yang lolos tersebut, ada calon yang belum mengikuti PIM 4 dan 3 serta belum duakali menduduki jabatan eselon 2.

Ketua Pansel Sekda Mimika, Doren Wakerkwa SH diminta lebih peka terhadap harapan warga Mimika serta tidak meninggalkan “bara api” dalam tubuh Pemda Mimika saat ini.

“Sehubungan dengan seleksi Sekda kami berharap tim seleksi harus benar-benar mempelajari rekam jejak setiap calon Sekda dengan baik tanpa dilandasi kepentingan tertentu,” ungkap tokoh muda Mimika sekaligus pengamat hukum, Yosep Temorubun SH kepada Fajar Papua, Kamis (4/2).

Ia mengemukakan, yang harus diperhatikan tim Pansel bahwa situasi kamtibmas Kabupaten Mimika dan juga roda pemerintahan memasuki tahun 2021 dalam keadaan aman dan mulai stabil.

Sehingga calon Sekda diharapkan sosok yang bisa bersinergi dengan Bupati dan Wakil Bupati, serta tidak hanya berkiblat ke satu pihak.

“Sekda harus benar-benar orang yang memahami birokrasi. Jangan sampai keberadannya justru memprovokasi situasi, selalu menyulut bara api, belum lagi ambisius, selalu menciptakan kegaduhan. Harap ini dihindari sebelum terjadi masalah besar yang tidak diinginkan kita bersama,” tegas Yosep.

Selain itu dia berharap Sekda bukan orang yang sedang dalam tahap proses hukum di tingkat aparat penegak hukum.