Seorang Anggota KKB Tewas Ditembak di Mile 53, Dua Orang Kini Kritis !!!

by -
KKB
Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata didampingi perwakilan TNI saat menggelar konferensi pers.

Timika, fajarpapua.com – Jerman Ellas, seorang anggota KKB Kali Kopi pimpinan Joni Botak tewas pasca terjadi kontak tembak dengan aparat keamanan di Mile 53, Distrik Tembagapura, pada 28 Februari 2021.

Selain Jerman Ellas, dua anggota KKB Kali Kopi yang juga tertembak saat kejadian itu yakni Antonius Aim dan Jasko Komagal juga dilaporkan terluka parah dan kini dalam kondisi kritis.

Kapolres Mimika, Papua, AKBP IGG Era Adhinata mengemukakan, perihal kematian Jerman diketahui dari postingan media kelompok korban.

“Pasca kontak tembak di Mile 53 beberapa waktu lalu, berdasarkan informasi yang kami terima dan juga didukung dengan hasil penyelidikan yang kami lakukan, ada korban lain dari KKB yang meninggal dunia, yaitu saudara Jerman Ellas. Ini dikuatkan dengan postingan media dari kelompok mereka,” kata AKBP Era Adhinata saat menggelar konferensi pers di Timika, Rabu (17/3).

BACA JUGA:  Korban Penembakan di Beoga Bertambah, KKB Kian Brutal, Warga Mengungsi ke Pos TNI

Dikemukakan, dalam kejadian itu, korban tewas lainnya dari KKB, yaitu Fery Ellas yang diketahui merupakan Danton TPN OPM Kodap III Kalikopi Tembagapura pimpinan Joni Botak.

Sesuai informasi pihak kepolisian, Jerman Ellas diketahui masih hidup pascakontak tembak dengan aparat, namun mengalami luka parah, sehingga nyawanya tidak terselamatkan.

Jerman Ellas sendiri diketahui terlibat kasus penyerangan pusat perkantoran PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana pada 30 Maret 2020 yang menewaskan seorang pekerja berkewarganegaraan Selandia Baru, Graeme Thomas Wall.

Penyerangan ke pusat perkantoran Freeport di Kuala Kencana itu dipimpin oleh Joni Botak, Guspi Waker dan Antonius Aim.

Kapolres Mimika memastikan dua anggota KKB yang dilaporkan terluka serius dan kini dalam kondisi sekarat itu tidak berani ke Timika untuk menjalani pengobatan di fasilitas kesehatan yang ada.