BERITA UTAMAPAPUApinpost

Unjuk Rasa Ribuan Massa, Ancam Usir ‘Pengganggu’ Bupati Romanus Mbaraka

pngtree vector tick icon png image 1025736
19
×

Unjuk Rasa Ribuan Massa, Ancam Usir ‘Pengganggu’ Bupati Romanus Mbaraka

Share this article
Forum Keadilan untuk Tanah Animha Kabupaten Merauke mendatangi rumah kediaman Notaris Aloysius Dumatubun di Jalan Sumatera, Merauke
Forum Keadilan untuk Tanah Animha Kabupaten Merauke menyampaikan aspirasi di DPRD Merauke

“Tadi kita sudah datang ke rumahnya, kita bawa dayung. Kalau saudara tidak mampu untuk meneruskan upaya-upaya kedamaian yang sudah dibangun oleh leluhurmu di tanah ini, silahkan naik perahu pulang ke kampung halamanmu! Hari ini kita kasih kau peringatan bahwa di tanah ini ada manusia yang diciptakan hargai itu. Stop! Provokasi kepada kami anak-anak Papua,” tegas Antonius Kaize dalam orasinya.

Koordinator aksi unjuk rasa damai, Moses Kaibu yang juga anggota DPRD Merauke mengecam dan mengutuk keras segala bentuk dan tindakan para oknum yang mengganggu stabilitas keamanan dan segala upaya merongrong pemerintahan Bupati Romanus Mbaraka.

ads

“Hari ini saya datang bukan dalam kapasitas sebagai anggota dewan, tetapi sebagai salah satu putera Kimaam. Kami datang dengan satu tujuan bahwa kebersamaan di Merauke ini milik kita. Bagi semua saudara yang menjadi anak perintis, kamu harus selalu dan wajib menaungi kami. Bukan jadi musuh kami. Tanpa kalian, kami tak mungkin ada. Tanpa kami, kalian tak mungkin ada. Dengan segala kerendahan hati dan keterpaksaan kami datang melakukan demo pada hari ini,” ujar Moses Kaibu.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Merauke, Ir. Benyamin Latumahina memberikan wejangan dan peneguhan kepada massa pendukung Bupati Romanus Mbaraka bahwa segala persoalan yang terjadi di Kabupaten Merauke merupakan bentuk ujian kepada seorang pemimpin sejati. “Saudara-saudara sekalian, kita musti yakin dan percaya ketika seorang pemimpin itu dia bisa melewati cobaan, bisa melewati tantangan, itu bisa dipakai Tuhan. Saya yakin dan percaya Bapak Romanus profesional. Dia akan melewati tantangan dan cobaan ini. Dia akan berdiri tegak dan menjalankan roda pemerintahan dengan baik,” kata Beny Latumahina.

Menurutnya, penyelenggara pemerintahan daerah terdiri dari DPR dan Bupati. Otomatis DPRD akan mendukung pemerintahan secara konstitusional dan sah menurut hukum. Sehingga segala sesuatu program yang disampaikan oleh Bupati Romanus Mbaraka pasti akan didukung penuh oleh DPRD Kabupaten Merauke.

Hal senada dengan itu juga disampaikan Wakil Ketua II DPRD Merauke, Dominikus Ulukyanan bahwa DPRD Kabupaten Merauke akan selalu mendukung penuh roda pemerintahan di bawah kepemimpinan Romanus Mbaraka. Menurutnya, perihal ijazah dan gelar Romanus Mbaraka sebenarnya tidak ada permasalahan.

“Kali lalu saya pernah bilang bahwa saya ini saksi hidup yang urus dia punya ijazah. Jadi, adik-adik tolong sampaikan bahwa Romanus tidak bisa digoyangkan dari Bupati Merauke hanya masalah ini. Kemarin, bapak-bapak polisi sudah keluarkan SP3 bahwa tidak ada bukti yang cukup terkait masalah ijazah yang dipersoalkan. Jadi yang kemarin di DKPP itu hanya untuk KPU dan Bawaslu. Kalau mau dikatakan, rakyat tidak perlu ijazah. Rakyat butuh siapa yang urus dia. Sementara orang sudah menyaksikan di periode sebelumnya, Romanus bisa urus dari kampung ke kampung. Itu yang penting bagi rakyat dan ijazah itu masalah surat formalitas. Jadi untuk hal ini sebenarnya tidak ada yang perlu dipermasalahkan,” tandas Dominikus Ulukyanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *