Sejarah Singkat Kehidupan Robby Omaleng, Ketua DPRD Mimika yang Meninggal Dunia di Usia 37 Tahun

by -
Robby Omaleng
Robby Kamaniel Omaleng

Timika, fajarpapua.com – Memiliki nama lengkap Roby Kamaniel Omaleng, lahir di Aroanop 3 Juni 1984. Almarhum merupakan anak ke empat dari empat bersaudara buah hati pasangan Petrus Omaleng (alm) dan Elina Beanal (alm).

Duduk di bangku Sekolah Dasar di SD Inpres Kwamki Narama pada Tahun 1993. Selanjutnya SMP Negeri 4 Sentani. Menamatkan pendidikan SMA 4 Entrop pada Tahun 1999.

Robby mulai dikenal publik Mimika setelah meninggalkan profesi karyawan PT Freeport Indonesia dan terjun ke dunia politik melalui kendaraan Partai Golkar.

Dikenal murah senyum, Robby sudah makan garam di dunia organisasi. Pernah memegang tampuk komando Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Mimika.

Ia juga yang ikut membesarkan PSSI Mimika dan menjabat sebagai Ketua Persemi Mimika.

Semasa kuliah di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) Jogjakarta, Robby aktif dalam berbagai organisasi salah satunya GMNI.

Berikut sebagai Wasek IMAPA Jogjakarta dan pendiri Organisasi Mahasiswa dan Pelajar Mimika se-Jawa-Bali serta beberapa organisasi lainnya.

Sebagai wakil rakyat dalam usia yang relatif muda, masih 28 tahun pada tahun 2014 hingga 2019.

Selanjutnya menjabat Ketua DPRD Mimika sejak tahun 2019 lalu.

Robby dilantik bersama Alex Tsenawatme dari Fraksi Nasdem selaku Wakil Ketua I dan Johanis Felix Helianan dari Fraksi PDI Perjuangan sebagi Wakil Ketua II.