Bupati dan DPRD di Empat Kabupaten Terus Berjuang Realisasikan Pemekaran PPS

by -
Provinsi Papua Selatan
Tim pemekaran Provinsi Papua Selatan

Merauke, fajarpapua.com – Para Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di empat (4) kabupaten wilayah Selatan Papua sepakat mendorong percepatan pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS) dalam waktu dekat. Kesepakatan tersebut tercapai dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pemekaran PPS yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Merauke, Senin (26/4).

Rapat koordinasi ini dihadiri Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT, Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos, Bupati Mappi, Christosimus Agawemu, Bupati Boven Digoel yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol dan para pimpinan DPRD se wilayah Selatan Papua.

Ketua Tim Pemekaran PPS, Thomas Eppe Safanpo mengatakan, rapat Tim Pemekaran PPS dalam dua hari 26-27 April 2021 hanya fokus pada dua hal. Pertama, terkait rencana kerja. Kedua, komitmen dari masing-masing daerah terkait pembiayaan, pengiriman delegasi ke Jayapura dari tanggal 1-5 Mei 2021 akan ada rapat dengar pendapat. Perihal pengiriman delegasi, beban pembiayaan yang akan dibicarakan bersama dalam pertemuan ini.

“Jadi juga terkait pengesahan struktur organisasi baik dari sisi komposisi maupun personalia tim ini. Mungkin kita bisa sahkan dalam waktu dekat untuk memperjuangkan aspirasi kita sampai ke tingkat pemerintah pusat, baik presiden, mendagri dan DPR RI. Itu inti dari pertemuan selama 2 hari. Untuk dukungan anggaran masing-masing bupati akan menjawabnya,” jelas Thomas  Safanpo kepada wartawan dalam jumpa Pers, Senin (26/4).

Perihal delegasi dari masing-masing daerah, kata Thomas, ssesuai kemampuan pembiayaan dari masing-masing kabupaten yang akan menjadi perwakilan pada pertemuan di Jayapura.

“Pengelaman tahun lalu kami dari Asmat 50 orang karena kemampuan kami begitu. Jadi kita serahkan kepada masing-masing kabupaten sesuai kemampuan pembiayaan. Berapa dan siapa saja tokoh yang bisa diajak baik dari unsur adat, agama maupun tokoh masyarakat,” tuturnya.