Jadi Bupati Dalam Usia Paling Muda 30 Tahun, Wilhelmus : Klemen Tinal Berjasa Besar Bangun Mimika

by -
Alm Klemen Tinal (kiri) dan Wilhelmus Pigai (kanan)
Alm Klemen Tinal (kiri) dan Wilhelmus Pigai (kanan)

Timika, fajarpapua.com – Mantan Ketua Tim Sukses alm Klemen Tinal – alm Methodius Mamapuku yang juga Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Papua Wilhelmus Pigai menyebut Klemen Tinal, Wakil Gubernur Papua yang meninggal di Jakarta, Jumat (21/5), memiliki jasa besar dalam pembangunan Mimika.

Klemen Tinal memimpin Mimika dua periode yaitu 2001-2006 dan 2008-2013.

Ketika dihubungi dari Timika, Minggu (23/5), Wilhelmus mengatakan Klemen Tinal maju mencalonkan diri sebagai Bupati Mimika pada 2001 dalam usia yang masih sangat muda yaitu 30 tahun.

“Pak Klemen itu sahabat saya, kami berdua seumuran dan sama-sama studi di luar daerah kemudian kembali ke Timika untuk berjuang bersama-sama agar Mimika menjadi kabupaten definitif lepas dari kabupaten induk Fakfak. Pada 2001, beliau maju mencalonkan diri sebagai Bupati Mimika dan saya menjadi ketua tim suksesnya saat itu,” kenang Wilhelmus.

BACA JUGA:  Koalisi Partai akan Bahas Kekosongan Jabatan Wakil Gubernur Papua

Mantan Anggota DPRD Mimika tiga periode itu menyebut di masa-masa awal kepemimpinannya sebagai Bupati Mimika, Klemen Tinal mampu mengelola anggaran yang sangat terbatas saat itu untuk melakukan banyak terobosan pembangunan.

Beberapa karya besar yang dilakukan oleh Klemen Tinal saat itu seperti pembangunan jalan poros Kota Timika menuju Pelabuhan Pomako di Distrik Mimika Timur sehingga mempermudah akses dan suplai barang kebutuhan pokok sekaligus menekan harga-harga di Timika.

INFO IKLAN 0812-3406-8145