KESEHATAN

3 Nutrisi Penting Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak

cropped cnthijau.png
4
×

3 Nutrisi Penting Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak

Share this article
Otak Anak
Otak Anak

Kunci dari pertumbuhan otak yang paling optimal adalah terletak pada asupan yang diberikan. Terdapat 3 nutrisi penting dalam menunjang tumbuh kembang otak anak yang lebih optimal.

Ahli gizi ternama, dokter Rita Ramayulis juga menjelaskan bahwa sel-sel otak anak akan terus dibentuk ketika anak masih kecil. Pertumbuhan dari sel-sel ini sendiri membutuhkan nutrisi yang bergizi.

ads

Berikut ini ada tiga nutrisi penting yang bisa membantu tumbuh kembang otak anak.

  • Asam Amino

Protein asam amino ini sangat penting dalam menunjang tumbuh kembang sel-sel baru di otak. Kebutuhan atas asam amino ini yang terbilang cukup akan membuat otak berkembang semakin sempurna, sehingga anak pun bisa menjadi pribadi yang sehat dan cerdas.

Protein asam amino ini juga dikenal dengan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang banyak seklia terdapat pada ikan berlemak, seperti halnya ikan sarden, ikan salmon, dan ikan tuna.

  • Zat Besi

Otak juga membutuhkan asupan dari zat besi. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan dari otak anak.

Zat besi berfungsi untuk mengirimkan oksigen dan sari-sari makanan ke otak dan keseluruh organ tubuh. Zat besi sendiri terdapat dalam makanan hewani, seperti halnya unggas dan daging merah.

  • Prebiotic

Prebiotic merupakan salah satu makanan yang biasanya diperuntukkan bagi bakteri baik yang hidup di dalam tubuh manusia. Prebiotic lebih diutamakan untuk saluran pencernaan.

Prebiotic juga akan membuat bakteri baik terus tumbuh dan menjalankan fungsinya dengan baik. Walaupun bekerja dalam saluran pencernaan, namun prebiotic juga sangat bermanfaat untuk otak.

Pasalnya, saluran pencernaan yang baik tentu akan mengirimkan nutrisi yang baik pula ke otak. Tentunya akan ada komunikasi dua arah yang terjadi antara otak dengan saluran pencernaan.

Prebiotic juga banyak ditemukan dalam serat pada sayuran, buah-buahan, dan umbi-umbian.

Bagi bunda-bunda dirumah, sebaiknya masukkan makanan yang mengandung tiga nutrisi penting diatas untuk menunjang pertumbuhan otak anak secara lebih optimal. Tentunya dengan cara tersebut anak pun akan lebih cerdas dengan otak yang sehat dan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *