KESEHATAN

Apakah Sebuah Pelukan Bisa Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak?

cropped cnthijau.png
4
×

Apakah Sebuah Pelukan Bisa Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak?

Share this article
Tumbuh Kembang Anak
Tumbuh Kembang Anak

Sebuah studi menunjukkan bahwa ternyata sebuah pelukan bisa membantu tumbuh kembang si kecil, lho. Para peniliti yang berasal dari University of Columbia ini menemukan bahwa sebuah pelukan dapat membantu si kecil untuk berkembang lebih cepat secara mental dan fisik dari pada anak yang kurang melakukan kontak fisik dengan orang tuanya.

Dilansir dari Asian Parent, menyatakan bahwa sebuah pelukan akan mampu membantu anak dalam meredakan masalah yang dialaminya, sehingga bisa memenuhi perasaannya dengan kehangatan orang tua. Bersadarkan studi yang dilakukan, sebuah pelukan juga bisa membuat anak menjadi lebih pintar, kuat, dan bahagia.

ads

Tumbuh Kembang Anak Terpacu Karena Pelukan Orang Tua

Hal ini terjadi karena sebuah pelukan mampu menghasilkan pelepasan oksitosin, yakni hormone yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan fisik sang anak. Oksitosin juga dapat memicu pelepasan hormon lain yang mendorong pertumbuhan dari neuron dan sel anak.  

Secara garis besarnya, anak yang mendapatkan banyak pelukan akan jauh lebih sehat dan bugar. Selain itu, anak juga akan belajar lebih bahagia dengan lebih banyak pelukan yang didapatkannya tersebut.

Hal ini dikarenakan proses yang disebut dengan sinyal sinaptik ini akan membuat otak anak mempelajari koneksi saraf mana yang paling sedikit digunakan dan akan menghilangkannya. Proses ini juga akan terjadi sembari mempertahankan koneksi yang lebih sering digunakan.

Ketika bunda menunjukkan perhatian dan cinta kepada si kecil secara terus-menerus, maka hal itu akan memperkuat hubungan yang sehat dan bahagia antara bunda dan si kecil. Selain itu, ada tiga alasan yang menjadi jawaban atas pertanyaan apakah sebuah pelukan mampu mempengaruhi tumbuh kembang anak?

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Studi menunjukkan bagaimana oksitosin membantu menyembuhkan dan melindungi tubuh anak dari sakitnya. Hormone ini juga bersifat anti-stress dimana dapat meningkatkan ambang rasa sakit dari si kecil, sehingga kekebalan tubuhnya pun jadi lebih kuat.

  • Memperkuat Ikatan dengan Anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelukan dapat meningktakan kepercayaan sekaligus menghilangkan rasa takut yang dimiliki oleh anak. Oksitosin pun akan meningkatkan keterikatan yang aman, dimana semakin banyak bunda memeluk si buah hati maka akan semakin kuat pula ikatan yang terjalin antara bunda dan anak.

  • Mengontrol Tantrum

Dikarenakan si kecil masih sulit dalam mengatur emosinya, maka akan sangat wajar jika terjadi sebuah ledakan atau amukan. Dengan cara memeluknya, maka dapat membantu anak untuk menenangkan emosinya berkat sifat oksitosin yang bisa mengurangi stress tersebut.

Dan inilah pentingnya pelukan yang bunda berikan kepada si buah hati. Jadi, apakah bunda ingin memberikan lebih banyak pelukan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *