Bupati Nduga Ingatkan Penyaluran Dana Desa Harus Menyentuh Masyarakat, Hindari Miskomunikasi

by -
Kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas lembaga kemasyaratan di Kabupaten Nduga
Kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas lembaga kemasyaratan di Kabupaten Nduga

Lanjut dia, dalam sosialisasi ini dijelaskan apa itu SDGS Desa yakni upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

Para kepala kampung didepan Bupati dan Sekda berharap Pemda menambah uang honor dan menyelenggarakan pelatihan kepada kepala desa se-kabupaten Nduga yang dilaksanakan diluar daerah agar mendorong kemajuan Kabupaten Nduga.

“Kami butuh penambahan honor, penambahan dana operasional karena kami ini yang selalu hadapi masalah di lapangan, kami ini yang bertemu langsung dengan masyarakat dan kami yang punya masyarakat dan wilayah,” tutur seorang perwakilan kepala kampung.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas DPMK Machla Gwijangge menyatakan usulan para kepala kampung sangat luar biasa dan perlu ada perhatian dari Pemda Nduga.

“Karena ketika operasional desa ditambah maka secara otomatis semua aktifitas desa harus sudah dijalankan oleh masing-masing kepala kampung dan aparat sesuai tugas pokok dan fungsi,” pungkasnya.

Ditanya tentang manfaat lembaga lembaga yang sudah dan akan dibentuk yaitu Posyandu, LMD, Karang Taruna dan PKK, Machla mengatakan lembaga-lembaga tersebut sangat bermanfaat untuk mendukung kemajuan dan tata kelolah pemerintahan di kampung.

“Lembaga-lembaga tersebut dibentuk atas keputusan kepala kampung masa jabatan organisasi dan lembaga lembaga tersebut selama 5 tahun dan bisa diganti pengurus baru sesuai dengan musyawarah,” katanya.(edo)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.