BBM Disejumlah SPBU di Timika Cepat Kosong, Pertamina Klaim Penjual Bensin Eceran yang “Sedot”

by -
Oknum yang diduga timbun BBM
Oknum yang diduga timbun BBM

Timika, fajarpapua.com – Sejak minggu lalu, BBM terutama premium, pertalite dan solar disejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Timika sering mengalami kelangkaan.

Cepat kosongnya BBM ini berdampak pada cepatnya penutupan layanan SPBU sehingga menimbulkan antrian yang panjang.

Bahkan stok pertamax yang biasanya tak ada permasalahan, juga cepat habis karena sebagian pengguna kendaraan beralih ke BBM jenis ini meski harganya yang tak bersahabat.

Spekulasi yang beredar di kalangan warga bahwa langkanya BBM kali ini diakibatkan oleh pasokan dari Jober Pertamina Timika yang telah di jatah untuk setiap SPBU nya dan tidak bisa melebihi Kuota yang telah ditetapkan.

Pasokan BBM terutama jenis premium yang merupakan BBM bersubsidi terpaksa dibatasi karena jumlah pengguna BBM jenis ini semakin banyak dan tidak didata oleh pihak SPBU.

Namun anehnya, meski stok di SPBU di Timika sering habis, namun stok di penjual eceran selalu tersedia bahkan berlimpah

Kondisi ini membuat warga curiga, saat ini ada aksi penimbunan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mencari keuntungan.

“Hri ini sebagian besar SPBU hbis bahan bakar semua jenis…pertaxaanya..stok d Pertamina habis atau ada oknum tertentu mulai menumpuk lgi..?? mohon penjelasan dri pihak terkait,” tulis FFarah, salahsatu warga Timika di WhatsApp Grup Eme Neme Yauware, Minggu (15/8).

Dirinya merasa heran, karena pihak SPBU menyarakan BBM kosong tapi kenapa banyak pengecer yang memiliki stok untuk dijual

Hal ini membuat warga berpikir bahwa pihak SPBU mengutamakan melayani pedagang eceran.

Dugaan ini memang bisa dibenarkan, karena dari pantauan fajarpapua.com, terlihat pedagang eceran dengan menggunakan jerigen terlihat bebas membeli BBM terutama jenis Pertalite yang memang non subsidi.

Bahkan pada akhir pekan kemarin, salahsatu SPBU sempat menutup satu lajur layanan nozle BBM untuk melayani pembelian menggunakan jerigen.

Dalam aksinya dalam membeli BBM dalam jumlah besar, para pedagang eceran ini juga tidak segan-segan membawa puluhan jerigen dengan menggunakan mobil.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.