Universitas Muhammadiyah Sorong Lakukan Pendampingan Dua SMK di Timika

by -
Rektor UNIMUDA Dr Rustamadji MSi
Rektor UNIMUDA Dr Rustamadji MSi

Timika, Fajarpapua.com – Dua sekolah kejuruan di Timika, masing-masing SMKN II dengan Jurusan Peternakan dan Pertanian, dan SMK Yapis dengan Jurusan Teknik Komputer akan mendapat pendampingan dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.

Rektor UNIMUDA, Dr Rustamadji, MSi usai kegiatan penandatanganan MoU, Rabu (18/8) sore mengatakan, pendampingan terhadap dua SMK di Kabupaten Mimika ini dilakukan berdasar penunjukan dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

“Universitas Muhammadiyah Sorong Kementerian Pendidikan Tinggi untuk mendampingi sekolah di Papua Barat dan Papua. Maka kami harus jalani ini dengan penuh tanggungjawab,” ujarnya.

Sebagai bagian dari kerjasama pendampingan ini, ujar Rustamadji, pihaknya akan mengirim dosen sesuai jurusan untuk mendampingi dua SMK tersebut.

“Misalkan apa yang menonjol di SMK sasaran, itu yang kami dampingi untuk beberapa tahun kedepan ini sehingga dapat menjadi jurusan yang handal,” jelas Rustamadji.

Diharapkan pendampingan tersebut, kedepannya dua sekolah ini dapat meningkatkan kemampuannya sehingga bisa menjadi contoh bagi SMK lainya di Kabupaten Mimika.

Rustamadji menegaskan, dalam pendampingan tersebut, pihaknya bukan menggurui atau mengajar anak-anak.

“Tetapi dosen yang ditugaskan nanti menganalisa dan membantu mengembangkan serta meningkatkan kualitas terhadap apa yang telah sekolah lakukan,” jelasnya.

Dalam konteks tersebut lanjutnya, SMK sasarab dengan beberapa jurusan yang mereka miliki kedepannya harus melahirkan kerja-kerja inovatif sesuai ilmu yang mereka belajar selama ini.

“Dengan demikian maka SMK akan menghasilkan lulusan yang pintar ilmu, skill dan pintar inovasi-inovasinya,” tegasnya.

Pendampingan terhadap dua SMK ini lanjut Rustamadji diharapkan kedepannya juga menyentuh semua SMK di Timika sehingga ilmu,skill dan program inovatif yang sudah berjalan dapat ditingkatkan.(mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145
PESPARAWI XIII 2021 TANAH PAPUA | PAPUA BARAT JUGA IKUT SERTA DALAM PENYELENGGARAAN PESPARAWI XIII