Bukan Hanya Ditempatkan Tiap OPD, Satpol PP akan Ditempatkan di Distrik-distrik se-Kabupaten Mimika

by -
Paulus Dumais
Paulus Dumais

Timika, fajarpapua.com – Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika, Paulus Dumais, SPd MSi mengatakan, setelah kebijakan penempatan petugas Satpol PP di OPD-OPD, pihaknya juga mengkaji penempatan Satpol PP di distrik-distrik.

“Di distrik yang ada hanya kepala seksi trantib tapi bawahannya tidak ada. Karena alasan itu maka kami mengkaji jika memungkinkan tahun depan akan menempatkan anggota Satpol PP di masing-masing distrik,” kata Dumais.

Mantan Sekwan ini menuturkan penempatan disesuaikan luas wilayah dan jumlah penduduk.

“Ini yang pimpinan Satpol masih pelajari dan memungkinkan penempatan petugas di distrik.
Dengan syarat penempatan sesuai jumlah penduduk dan luas wilayah makanya untuk distrik pedalaman dan pesisir jumlahnya tidak sama dengan yang di kota,” paparnya.

Dikemukakan, di kota dengan jumlah penduduk padat akan lebih banyak dengan kisaran 5-10 orang.

“Kalau hitungan sesuai syarat maka distrik pedalaman dan pesisir setidaknya 3-5 orang. Ini nanti kita berlakukan satu atau dua tahun kedepan. Ini juga disesuaikan dengan distribusi anggaran pemerintah ke Dinas Satpol PP. tahun ini saja Satpol dapat dana operasional Rp 2 miliar lebih untuk membiayai semua kebutuhan kedinasan,” paparnya.

BACA JUGA:  Rawan !!! Tiap Malam Kantor Sentra Pemerintahan Mimika Dijaga 10 Personil Satpol PP, Lalu Bagaimana Honornya?

Soal tenaga Satpol yang ada, jelas dia, rata-rata honorer jumlahnya 100 orang lebih.

Sejak beberapa bulan terakhir ini pihaknya menempatkan petugas Satpol PP sebanyak 2 orang di semua OPD lingkup Pemkab Mimika.

Terkait peningkatan kapasitas kemampuan kerja, jelas Dumais pihaknya sudah merencanakan Diklat bagi anggota Satpol PP.

“Kalau tidak ada halangan kami usulkan anggaran tahun 2023 mendatang. Dengan Diklat dan anggaran yang cukup maka kami akan menempatkan anggota Satpol PP ke distrik-distrik. Tugas Satpol selain polisi bagi ASN dan pegawai kontrak negara juga mengamankan dan mengawal Perda serta ketertiban kota,” tuturnya.(mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.