126 Pebiliar Bakal Perebutkan 80 Medali di PON XX Papua

by -
Venue Biliard PON XX PAPUA
Venue Biliard PON XX PAPUA

PRESS RELEASE
| HUMAS PB PON SUB MIMIKA | 2021

TIMIKA – Biliar merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Mimika menjadi tempat penyelenggaraan, dengan menggunakan venue biliar yang dibangun khusus di SP 2, Timika.

banner 300250

Sebanyak 108 atlet atau pebiliar ditambah 18 atlet Provinsi Papua akan berlaga, memperebutkan 80 medali. Hal itu diungkapkan Technical Delegate Biliar, Robby Suarly ketika ditemui di venue biliar, Rabu (29/9/2021).

Sesuai jadwal, cabor biliar baru mulai dipertandingkan pada (3/10) mendatang. Namun beberapa kontingen sudah berada di Timika seperti Jawa Barat, Lampung dan Kalimantan Tengah. Setiap kontingen baru diberi kesempatan untuk berlatih menggunakan venue biliar pada 1 Oktober 2021.

Mengenai kesiapan venue kata Robby, sudah siap 100 persen. Biliar akan mempertandingan 20 nomor yang terbagi dalam tiga divisi. Divisi pool, snooker dan carom. Untuk divisi pool putra A dengan empat nomor pertandingan yakni 8 ball single, 8 ball double, 9 ball single dan 9 ball double.

Kemudian pool B putra juga ada empat nomor yaitu 15 ball single, 15 ball double, 10 ball single dan 10 ball double. Sedangkan pool putri ada empat nomor yaitu 9 ball single, 9 ball double, 10 ball single dan 10 ball double.

Divisi snooker bakal memainkan empat nomor yaitu snooker single, snooker six red single, English billiards 100 single dan English billiards 250 single. Sementara divisi carom terdapat empat nomor pertandingan yaitu one cushion single, three cushion single, libre single dan cadre 47/2 single.

Sistem pertandingan adalah sistem gugur atau single elimination. Peraturan permainan mengacu pada peraturan umum. Divisi pool mengacu pada World Pool Association. Divisi snooker mengacu pada International Billiard and Snooker Federation (IBSF) dan carom mengacu pada Union Mondiale de Billiard (UMB). Peraturan pertandingan juga mengacu pada peraturan pertandingan Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI).

Robby mengungkapkan, total ada 80 medali yang bakal diperebutkan. Ada 20 emas, 20 perak dan 40 perunggu. Pertandingan akan dipimpin oleh 41 orang wasit nasional dan 13 orang asisten wasit. Ini merupakan pertama kalinya penggunaan asisten wasit. Di mana 13 asisten wasit semuanya dari Papua dengan tujuan menambah pengalaman even nasional agar bisa meningkatkan sertifikasi.(Humas PPM/Selvi/Santi/Sianturi)

KETERANGAN FOTO :
1.Venue Biliar PON XX Papua di SP 2 Timika./ Foto: Humas PPM/Santi Sang

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.