Inovasi Teknologi, Simaklah Keuntungan Ponsel 5G

by -

Adanya perkembangan teknologi dari waktu ke waktu membuat banyak inovasi yang terjadi. Salah satu inovasi tersebut adalah teknologi 5G. Teknologi ini terimplementasi secara nyata pada koneksi internet, khususnya pada ponsel. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa perbedaan antara 5G dan 4G? Lalu apa saja keuntungan ponsel 5G dibandingkan dengan yang 4G?

Keuntungan Ponsel 5G

Ponsel dengan koneksi 5G digembor-gembor memiliki banyak keuntungan untuk menunjang aktivitas maupun kebutuhan manusia dalam memenuhi informasi melalui Internet. Apa saja keuntunganya? Berikut ini beberapa keuntungan ponsel 5G.

banner 300250
  1. Peningkatan kapasitas internet
  2. Latensi menjadi lebih rendah
  3. Koneksi internet yang sangat cepat
  4. Bisa memberikan kendali ke drone
  5. Optimalisasi perangkat VR
  6. Operasi jarak jauh
  7. Menghubungkan lebih banyak perangkat.

Kekurangan Ponsel 5G Perlu Kamu Ketahui

Meski terdapat banyak keuntungan ponsel 5G, tetapi terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan yang paling terasa nyata di Indonesia adalah belum meratanya koneksi 5G ini. Belum banyak daerah yang dapat menggunakan koneksi 5G. Jabodetabek menjadi wilayah utama yang sudah pasti memiliki koneksi ini.

Kekurangan lainnya adalah koneksi 5G belum kompitable dengan perangkat-perangkat mid hingga low end. Selain itu, Hanya ponsel keluaran diatas bulan Mei 2021 saja yang berkemungkinan memiliki fitur ini. Artinya, tidak semua perangkat ponsel memiliki support jaringan 5G.

Perbedaan Koneksi 4G dan 5G

Perbedaan nyata antara koneksi 4G dan 5G terletak pada kecepatan koneksinya. Hal tersebut tentu saja menjadi kentungan ponsel 5G. Dimana ponsel yang sudah memiliki koneksi 5G ini dapat mengakses internet lebih cepat dibandingkan dengan ponsel 4G. Bayangkan kecepatan 4G yang mencapai 49-50 Mbps. Ini sangat berbeda jauh dengan kecepatan 5G yang mencapai 10Gbps.

Perbedaan yang lainnya terdapat pada latensi. Latensi adalah jeda waktu dalam penghantaran data dari pengirim ke penerima (dalam hal ini ponsel). Dalam koneksi 5G, latensinya akan lebih berkurang dibandingkan dengan jaringan 4G. Dengan begitu, jeda waktu hantaran datanya akan lebih efektif untuk koneksi 5G.

Keuntungan Ponsel 5G memang menarik untuk dinikmati karena menawarkan berbagai kemudahan. Tentu saja, faslitas yang ditawarkannya pun berbeda dengan ponsel yang menggunakan jaringan 4G. Namun, fasilitas jaringan tersebut belum bisa diakses di semua handphone maupun wilayah.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.