KESEHATAN

Bisa Atasi Asam Urat Hingga Kanker, Ini Dia Manfaat Ajaib Bawang Lanang

cropped cnthijau.png
10
×

Bisa Atasi Asam Urat Hingga Kanker, Ini Dia Manfaat Ajaib Bawang Lanang

Share this article
Manfaat bawang lanang
Manfaat bawang lanang

Bawang lanang merupakan jenis dari bawang putih tunggal yang unik. Bawang lanang memiliki kandungan ajaib yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan bisa dikatakan jika kandungan yang ada di dalamnya dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Berbeda dengan bawang putih pada umumnya yang tumbuh dalam beberapa siung, bawang lanang hanya tumbuh satu siung saja. Hal ini yang membuat bawang lawang sering disebut juga dengan single clove garlic atau solo garlic.

Ads

Manfaat bawang lanang untuk kesehatan

Bawang lanang sudah terkenal memiliki manfaat yang banyak, terutama untuk mengobati masalah kesehatan. Berikut ini 4 manfaat bawang lanang untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1.Mengatasi Asam urat

Selain memiliki sifat anti-inflamasi, bawang lanang juga mengandung antioksidan alami. Kandungan tersebut bermanfaat untuk melindungi persendian tubuh manusia. Selain itu kandungan antioksidan juga akan mencegah oksidasi dan radikal bebas yang bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa pada sendi dan kerusakan tulang rawan.

2.  Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat selanjutnya dari bawang lanang adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dijelaskan bahwa bawang lanang bisa menurunkan kadar trigliserida dan menekan kolesterol mencapai 20 mg/dl. Dengan mengkonsumsi bawang lanang secara teratur selama 4 minggu maka kadar kolesterol yang bisa diturunkan mencapai 12%.

3. Mencegah kanker

Bawang lanang dipercaya dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit kanker, terutama penyakit kanker perut atau kanker usus. Kandungan Organosulfida pada bawang lanang akan membantu kinerja hati sebagai detox racun, termasuk racun penyebab kanker tersebut.

4. Mengatasi Ambeien

Bawang lanang mengandung allicin dengan kadar yang cukup tinggi. Kandungan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan saja tetapi juga berfungsi sebagai antibakteri yang bisa digunakan untuk mengobati ambeien. Kamu dapat menggunakan bawang lanang sebagai obata dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu lalu mengoleskannya pada bagian yang sakit. Atau mengkonsumsinya dengan cara dicampurkan dalam jus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *