KESEHATAN

Mampu Cegah Asam Urat dan Atasi Rematik, Ini Dia Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing

cropped cnthijau.png
4
×

Mampu Cegah Asam Urat dan Atasi Rematik, Ini Dia Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing

Share this article
Tumbuhan Kumis Kucing
Tumbuhan Kumis Kucing

Sejak dahulu kumis kucing merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai tanaman herbal. Tumbuhan kumis kucing memiliki daun berwarna hijau dengan bunga putih dan benang sari yang panjang menyerupai kumis kucing. Biasanya tumbuhan ini dijadikan minuman herbal seperti jamu dan teh untuk diambil manfaatnya.

Daun kumis kucing memiliki banyak kandungan manfaat yang bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan dari berbagai penyakit. Diantaranya seperti flavonoid, minyak atsiri, terpene, turunan asam caffeic hingga sifat bioaktif lainnya. Adapun manfaat tumbuhan kumis kucing untuk kesehatan sangatlah beragam. Berikut diantaranya:

Ads
  1. Cegah Asam urat

Manfaat pertama yang dimiliki tumbuhan kumis kucing adalah dapat mencegah munculnya masalah asam urat. Kandungan aktif yang terdapat di dalamnya seperti fenolik, flavonoid dan kafeat yang tinggi tersebut memiliki sifat anti radang. Senyawa tersebut akan menghambat proses pembentukan asam urat pada tubuh.

  1. Mengatasi keputihan

Daun kumis kucing juga bersifat antibakteri dan antimikroba yang dapat mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab keputihan pada wanita. Salah satu infeksi bakteri yang paling umum penyebab keputihan dengan bau yang kuat adalah Bacterial Vaginosis. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan daun kumis kucing untuk mengatasi keputihan tersebut.

  1. Mengatasi Penyakit Hipertensi

Penyakit rematik ditandai dengan adanya peradangan  yang mempengaruhi antara struktur pendukung dan penghubung tubuh. Pada umumnya penyakit ini akan menyerang bagian persendian tubuh seperti otot, tendon, dan ligamen.

Dengan menggunakan ekstrak daun kumis kucing maka dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul serta penyembuhan radang sendi bisa menjadi lebih cepat.

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Tumbuhan kumis kucing juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan kandungan daun kumis kucing akan mengendalikan metabolisme gula, lemak dan juga asam amino agar jumlahnya seimbang. Dengan begitu kadar gula dalam darah akan tetap stabil

Nah, itulah beberapa manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Meskipun tumbuhan ini tidak banyak orang yang membudidayakan, namun manfaatnya tidak kalah bagus dengan tumbuhan-tumbuhan herbal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *