KESEHATAN

Sering Alami Perut Kembung? Berikut Kenali 5 Penyebabnya

cropped cnthijau.png
3
×

Sering Alami Perut Kembung? Berikut Kenali 5 Penyebabnya

Share this article
Perut Kembung
Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap kali menyerang. Perut kembung terjadi saat saluran pencernaan terisi dengan gas atau udara dengan jumlah yang berlebih. Kondisi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena nyeri dan membuat perut terasa membesar.

Orang yang mengalami perut kembung biasanya akan timbul gejala-gejala seperti sering bersendawa dan buang angin, perut terasa kram dan nyeri, muncul bunyi bergemuruh hingga perut terlihat membesar. Meskipun kondisi ini sebenarnya mudah diatasi, namun alangkah baiknya jika kamu juga mengetahui apa saja penyebab perut kembung agar bisa menghindarinya.

Ads

Berikut ini beberapa penyebab perut kembung yang umum terjadi:

1. Minum minuman bersoda

Penyebab perut kembung yang pertama adalah terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung gas dan karbondioksida yang dapat menyebabkan perut menjadi terasa penuh dengan gas. Pemanis buatan yang ada di dalamnya juga bisa menjadi pemicu munculnya masalah lain karena sulit dicerna oleh tubuh.

2. Makan sambil berjalan

Ahli gizi mengungkapkan jika makan sambil berjalan memugkinkan perut akan menelan banyak udara. Udara yang masuk melalui kerongkongan tersebut akan menuju ke perut dan diteruskan ke usus besar sehingga membuat perut terasa kembung. Jadi sebaiknya hindari makan sambil berjalan dan kunyak makanan sekitar 33 kali sebelum ditelan.

3. Sembelit

Penyebab perut kembung selanjutnya adalah sembelit. Feses yang terlalu lama berada di usus besar akan membuat semakin banyak gas yang terkumpul dan tertahan. Oleh karena itu kamu disarankan untuk mengonsumsi banyak serat supaya feses lancar  dikeluarkan. Jangan lupa untuk selalu mencukupi cairan dengan minum air putih dan olahraga yang teratur.

4. Menstruasi

Banyak wanita yang sedang menstruasi mengalami perut kembung. Selain menyebabkan pendarahan, dalam penelitian mengungkapkan jika menstruasi akan menyebabkan perubahan kadar pada hormon estrogen dan progesteron. Perubahan tersebut akan menahan lebih banyak garam dan air yang menyebabkan sel-sel tubuh membengkak dan menyebabkan rasa kembung. Oleh karena itu selalu cukupi kebutuhan makanan sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *