KESEHATAN

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

cropped cnthijau.png
4
×

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Share this article
Khasiat Buah Blueberry
Khasiat Buah Blueberry

Blueberry merupakan buah yang masih satu keluarga dengan tanaman berry. Buah Blueberry sendiri banyak dimanfaatkan untuk menjadi olahan makanan, seperti kue kering, jelly, pai, selai roti hingga muffin. Disamping rasanya yang lezat, ternyata buah blueberry juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh.

Blueberry menjadi salah satu makanan dengan kandungan nutrisi paling padat yang ada di dunia serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Hal tersebut dibuktikan dalam uji ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity). Dan hasilnya menunjukkan jika buah terbukti memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu berikut beberapa manfaat mengkonsumsi buah blueberry yang perlu diketahui:

ads

1.       Menurunkan resiko penyakit jantung

Manfaat yang pertama dari buah berry adalah bisa menurunkan resiko penyakit jantung.Selain sayur, buah memang menjadi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidan didalamnya akan menghilangkan stres oksidatif dan menjaga jantung agar tetap sehat.Sebuah sudi mengungkapkan dengan mengkonsumsi buah blueberry secara rutin akan menurunkan resiko serangan jantung pada wanita muda dan paruh baya sebanyak 32%.

2.       Mencegah Alzheimer

Buah blueberry juga sangat bermanfaat untuk mencegah perkembangan penyakit neurodegeneratif, misalnya seperti alzheimer. Studi yang telah dilakukan di laboratorium melaporkan hewan yang diberi makan blueberry selama 8 minggu memiliki peningkatan memori sel otak secara signifikan. Oleh karena itulah banyak ahli menyimpulkan jika kandungan polifenol akan mencegah kerusakan pada sel-sel otak.

3.       Cocok untuk menu diet

Banyak suplemen diet yang menggunakan bahan utama buah blueberry. Hal tersebut disebabkan karena buah blueberry adalah makanan yang rendah kalori tingkat Indeks Glikemik yang rendah akan membuat perut terasa kenyang lebih lama

4.       Baik untuk pencernaan

Dalam ekstrak buah blueberry memiliki kandungan berupa senyawa fenolik yang bisa menghambat pertumbuhan berbagai bakteri patogen, salah satunya yakni Helicobacter Pylori. Dengan mengkonsumsi ekstrak buah blueberry tidak hanya bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri tersebut. Melainkan juga membuat Helicobacter Pylori lebih rentan terhadap klaritromisin.

Mengingat manfaatnya yang sangat banyak, tentu kamu sangat disarankan untuk mengnsmsi bah berry. Meski begitu kamu juga harus mengonsumsinya dengan cukup tanpa berlebian ya. Karena tentunya kamu harus tetap mengimbangi dengan makan-maanan sehat lainnya seperti sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *