KESEHATAN

Sering Jadi Obat Sakit Gigi, Ini Dia Manfaat Kumur Dengan Air Garam

cropped cnthijau.png
6
×

Sering Jadi Obat Sakit Gigi, Ini Dia Manfaat Kumur Dengan Air Garam

Share this article
Kumur Dengan Air Garam
Kumur Dengan Air Garam

Pernahkah kamu mengalami sakit gigi dan disarankan untuk berkumur menggunakan air garam? Ya, air garam merupakan salah satu ramuan alami yang sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Sama seperti halnya dengan tubuh, menjaga kesehatan mulut juga sangatlah penting sebab jika tidak banyak penyakit-penyakit yang bisa muncul akibat mulut yang kurang sehat.

Salah satu bagian tubuh ini memang tidak hanya berfungsi si sebagai jalur untuk makan dan minum. Mulut juga bisa menjadi pintu masuk dari  berbagai bakteri dan penyakit, oleh karena itulah menjaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan.

ads

Kamu juga disarankan untuk berkumur menggunakan air garam hangat untuk menjaga mulut dari serangan bakteri loh.  Tidak hanya itu beberapa khasiat berkumur menggunakan air garam lainnya juga cukup banyak, berikut diantaranya:

  • Mengobati sakit gigi

Sakit gigi bisa kapan saja menyerang,  dan jika rasa sakit tersebut muncul dikala tengah malam tentu kamu tidak bisa langsung pergi ke dokter gigi. Nah salah satu cara yang sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit tersebut adalah dengan berkumur menggunakan larutan air garam.

Caranya cukup mudah yakni siapkan segelas air hangat lalu masukkan garam ke dalamnya dan aduk hingga larut. Gunakan berkumur secara teratur dalam seminggu jika rasa sakit gigi yang muncul Belum reda

  • Menghilangkan bau mulut

Tidak hanya  bermanfaat membantu mengurangi rasa sakit gigi ternyata berkumur dengan air garam juga dapat menghilangkan bau mulut loh. Biasanya bau mulut disebabkan karena adanya sisa-sisa makanan yang yang terselip di sela-sela gigi atau karena makan makanan yang berbau tajam seperti durian.

Nah dengan menggunakan air garam untuk berkumur maka akan menetralisir bakteri yang menjadi penyebab bau mulut tersebut.  Larutan air garam akan mengubah PH mulut dan mencegah produksi mikroorganisme bakteri yang yang bisa menyebabkan bau mulut

  • Meredakan sakit tenggorokan

Berkumur dengan air garam juga dapat dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Larutan air garam hangat akan meredakan rasa sakit  serta  rasa gatal yang  sangat mengganggu di tenggorokan. Dengan begitu efek peradangan akan berkurang dan membuat tenggorokan terasa lebih lega.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *