KESEHATAN

Sering Merasa Lapar Saat hujan? Berikut Alasannya

cropped cnthijau.png
5
×

Sering Merasa Lapar Saat hujan? Berikut Alasannya

Share this article
Sering Merasa Lapar
Sering Merasa Lapar

Timika,fajarpapua.com – Pernahkah kamu merasa sangat lapar ketika hujan sedang turun? Biasanya, rasa lapar tersebut akan mendorong kamu untuk mengkonsumsi makanan atau camilan terutama saat hujan berkepanjang. Dibalik fenomena tersebut, ternyata ada alasan ilmiahnya loh. Berikut ulasannya.

  1. Faktor Hormon

Salah satu alasan mengapa ketika hujan turun rasa ingin untuk mengonsumsi makanan sangat tinggi adalah karena faktor hormon. Ketika langit gelap diselimuti mendung dan hujan deras, hormon serotonin yang ada di dalam otak manusia akan turun. Hormon ini memiliki peran dalam memperbaiki suasana hati yang menyebabkan orang merasa bahagia.

Klik iklan untuk info lebih lanjut
  1. Tubuh membutuhkan kehangatan

Saat hormon serotonin tersebut turun, maka beberapa orang akan cenderung memiliki keinginan mengkonsumsi aneka camilan, termasuk yang mengandung karbohidrat. Saat cuaca sekitar lebih lembab dan dingin, maka tubuh membutuhkan kehangatan. Dan dalam kondisi ini otak akan langsung mengirimkan sinyal ke tubuh untuk mencari kehangatan, termasuk lewat rasa lapar.

  1. Merasa bosan karena tidak banyak kegiatan

Penyebab rasa lapar yang melanda dikala hujan turun selanjutnya adalah karena bosan akibat tidak memiliki banyak kegiatan. Ketika seseorang sedang sibuk, maka mereka tidak akan merasa lapar karena tidak memikirkan makanan. Tidak seperti saat pikiran sedang longgar, maka dorongan hormon akan memantik rasa lapar pada perut.

  1. Berada di dalam ruangan

Rasa lapar saat hujan selanjutnya bisa muncul karena seseorang berada di dalam ruangan. Saat di dalam ruangan tentu akan lebih memudahkan kamu dalam mengakses makanan. Oleh karena itu, dengan akses yang mudah hasrat untuk makanan makanan ketika hujan akan lebih tinggi.

Rasa lapar yang muncul ketika hujan turun barangkali tidak akan menimbulkan dampak yang serius jika dituruti sesekali. Namun jika musim hujan terjadi secara berkepanjangan dan kebiasaan makan menjadi di luar jadwal seperti biasa. Tentu hal ini akan menyebabkan berat badan terus naik dan bisa memicu obesitas. Tidak hanya menyebabkan berat badan semakin melonjak, namun juga akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kronis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *