KESEHATAN

Gusi Bengkak Tak Lagi Menyiksa, Begini Caranya!

cropped cnthijau.png
4
×

Gusi Bengkak Tak Lagi Menyiksa, Begini Caranya!

Share this article
3 cara atasi sakit gigi image
3 cara atasi sakit gigi image

Timika, fajarpapua.com – Jika saat ini Anda sedang mengalami gusi bengkak tidak perlu panik. Masalah pembengkakan gusi bukanlah penyakit. Pembengkakan pada gusi biasanya sebagai pertanda awal adanya infeksi pada gusi maupun gigi.

Gusi yang bengkak dapat ditandai dengan kondisi gusi yang mulai memerah, dan biasanya berdarah ketika Anda menggosok gigi atau menyentuh bagian gusi yang bengkak.

ads

Kondisi pembengkakan gusi dapat dikarenakan kurangnya kebersihan mulut, adanya karang gigi atau partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi, peradangan pada gusi, atau juga adnya alergi dari pasta gigi atau obat kumur.

Gusi bengkak tidak hanya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di organ mulut, tapi juga dapat menjadi pemicu kerusakan pada jaringan dan tulang dan syaraf yang menopang gigi.  Beberapa cara sederhana untuk mengobati keluhan gusi bengkak :

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki kandungan Ph yang normal sehingga dapat menetralisir infeksi di sekitar gusi yang bengkak agar tidak meradang.  Air putih juga digunakan untuk merangsang produksi air liur yang akan membilas bakteri di mulut.  Perbanyak konsumsi air putih dan jangan lupa untuk mencoba membersihkan gigi secara perlahan untuk mengurangi infeksi yang menyebar.

  • Menggunakan Air Hangat Sebagai Kompres

Langkah selanjutnya untuk menyembuhkan keluhan gusi bengkak ialah menggunakan kompres.  Ambil handuk bersih dan rendam di air hangat.  Peras dan tempelkan di bagian pipi yang terdapat pembengkakan pada gusi.  Kompres berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat gusi bengkak.

  • Berkumur Air Perasan Daun jambu biji

Daun jambu biji selain digunakan untuk obat keluhan pencernaan ternyata juga memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba untuk mengatasi gusi bengkak. Kandungan ini dapat Anda ekstrak dengan cara menumbuk terlebih dahulu 5-6 lembar daun jambu biji.

Setelah cukup halus, masukkan ke dalam air panas dan masak dengan api kecil selama 15 menit. Saring air rebusan dalam gelas dan tambahkan sedikit garam.  Gunakan air tersebut untuk berkumur selama 30 detik dan ulangi hingga 2-3 kali sehari.

  •  Berkumur Menggunakan air garam

Langkah terakhir yang sangat familiar untuk kurangi keluhan gusi bengkak ialah berkumur dengan air garam. Larutan garam dapat Anda buat dengan mencampur setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Aduk perlahan hingga warnanya keruh tanda garam sudah larut. Setelah itu gunakan air tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi langkah ini sampai 3 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *